10 Tips Menghilangkan Mabuk Saat Diperjalanan Tanpa Obat

Diposkan oleh : iman pada 8:23 am tanggal July 28, 2017

Mabuk diperjalanan merupakan suatu istilah yang menggambarkan kondisi pusing, mual, dan ingin muntah ketika sedang berada didalam perjalanan. Dan hal tersebut dapat terjadi pada siapapun, baik anak-anak ataupun orang dewasa. Pada kebanyakan orang salah satu cara untuk menghilangkan mabuk saat diperjalanan yaitu dengan meminum obat sebelum perjalanan dimulai. Tetapi hal tersebut malah akan membuat ketergantungan, jika mereka lupa meminumnya, dan mabuk pun akan kambuh kembali.

Menurut para pakar menyatakan tidak pada setiap orang memiliki bakat untuk mengalami mabuk ketika diperjalanan. Maka tidaklah heran jika seseorang yang mengalami mabuk diperjalanan biasanya sering mengalami hal tersebut, dan tentu akan sangat mengganggu bagi orang sekitarnya. Oleh karena itu Anda harus mengatasi hal tersebut supaya terasa nyaman saat diperjalanan, serta tidak perlu khawatir ketika akan melakukan perjalanan jauh. Lalu bagaimana caranya?

tips menghilangkan mabuk diperjalanan

Berikut tips menghilangkan mabuk saat diperjalanan :

1. Duduk Di Bagian Depan

Jika Anda bepergian dengan menggunakan mobil, maka usahakan untuk selalu duduk pada kursi depan. Menurut penelitian menyatakan bahwa mabuk di kendaraan yang terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara apa yang dilihat mata serta tubuh menginterpretasikan gerak dengan kendaraan. Dari hal itulah yang akan membuat menjadi mual dan pusing sebagai gejala umumnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka duduklah dibagian kursi paling depan sehingga mata akan fokus dan tubuh juga akan menginterpretasikan informasi yang sama.

2. Fokuskan Pandangan

Apabila kondisi tidak memungkinkan untuk Anda duduk dikursi depan, maka metode lain yang dapat dilakukan yaitu dengan memfokuskan pandangan pada cakrawala. Dengan memfokuskan pandangan akan dapat membantu mata, telinga bagian dalam, serta saraf akan berada dalam kondisi terkendali. Dan usahakan juga supaya pandangan tetap mengarah kedepan, dan hindari untuk melihat obyek dengan melalui jendela bagian samping karena dapat mengganggu mata bahkan saraf Anda.

3. Posisi Kepala Dalam Keadaan Stabil

Menjaga pandangan mata supaya tetap dalam keadaan stabil maka sebaiknya untuk menjaga posisi kepala dengan keadaan stabil pula. Karena hal tersebut akan menjaga kondisi kepala supaya tetap ada dalam keadaan rileks dan nyaman sehingga kepala tidak akan terasa pusing. Anda bisa gunakan bantal kepala supaya lebih nyaman.

4. Buat Sirkulasi Udara Baik

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan mabuk ketika sedang diperjalanan yaitu karena kekurangan oksigen atau sensitif dengan udara dingin AC mobil. Untuk menghindari hal tersebut mala alangkah baiknya untuk membuka kaca jendela mobil supaya menghasilkan sirkulasi udara yang baik. Karena hal tersebut juga dapat membantu suplai oksigen yang cukup kedalam kendaraan sehingga tubuh tidak akan kekurangan oksigen. Sirkulasi udara yang baik juga akan memberikan kenyamanan bagi tubuh.

5. Cobalah Untuk Tidur

Tidur juga menjadi salah satu alternatif yang cukup efektif untuk mencegah terjadinya mabuk diperjalanan. Karena cara ini telah terbukti dan sering digunakan oleh banyak orang. Namun jika kesulitan untuk tdiur, maka dapat dipertimbangkan dengan menggunakan obat tidur. Tetapi jika menggunakan obat tidur, maka harus dipastikan untuk tidak mengemudi kendaraan.

6. Hindari Pandangan ke Bawah

Pandangan kebawah akan membuat rasa mual muncul lebih cepat. Kepala juga akan terasa pusing. Maka dari itu hindari hal yang dapat membuat kepala pusing dan mual seperti membaca, bermain gadget, atau yang lainnya.

7. Jangan Makan Berlebihan

Sebelum melakukan perjalanan, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi bertujuan untuk mencegah rasa kelelahan. Perlu diketahui untuk tidak mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang banyak, dan hindari makanan yang mengandung lemak berlebih dan pedas, karena makanan tersebut akan berpotensi menyebabkan rasa mual serta muntah.

8. Hindari Aroma yang Tajam

Saat berada dikendaraan, untuk menghindari aroma yang terlalu tajam seperti parfum. Atau bila perlu untuk tidak membawa makanan yang dengan aroma menyengat seperti durian. Karena sesuatu yang beraroma tajam akan membuat kepala menjadi pusing dan rentan akan mual.

9. Hindari Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu faktor yang akan memperburuk kondisi tubuh saat sedang mengalami mabuk diperjalanan. Mengkonsumsi minuman bersoda juga tidak ada salahnya karena dapat mengalihkan perhatian pencernaan terhadap rasa mual tersebut sehingga dapat dicegah.

10. Konsumsi Permen Mint atau Permen Karet

Perlu diketahui, permen mint ternyata dapat memberikan pengalihan pertama dalam mengendalikan mabuk diperjalanan. Karena rasa mint tersebut akan memberikan rasa nyaman pada mulut sehingga dapat mencegah rasa ingin muntah. Sedangkan permen karet juga dapat mencegah mabuk ketika sedang berada diperjalanan. Dengan mengunyah permen karet maka dapat membantu produksi air liur lebih banyak sehingga dapat menetralkan pada asam lambung.

Itulah 10 tips menghilangkan mabuk saat sedang diperjalanan. Dan dapat disimpulkan bahwa dengan mengatur posisi saat sedang berada dalam kendaraan, menggunakan pengobatan medis seperti obat anti mabuk, ataupun memilih asupan makanan merupakan metode yang paling utama dalam mencegah mabuk ketika diperjalanan. Sebelum melakukan perjalanan yang jauh, sebaiknya juga untuk mempersiapkan kesehatan fisik, dan pastikan juga kondisi didalam kendaraan supaya terasa nyaman dan baik untuk digunakan. Semoga bermanfaat 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts