Bahaya Makanan Junk Food Yang Wajib Diketahui

Diposkan oleh : iman pada 8:11 am tanggal January 31, 2017

Junk food atau yang biasa dikenal sebagai makanan cepat saji adalah suatu makanan yang sangay populer pada saat ini. Makanan ini sudah menjadi pilihan orang-orang karena selain mudah didapatkan juga lebih prkatis serta tidak perlu menunggu waktu yang lama.

dampak junk food

Pada umumnya istilah dari “Junk Food” ini mengacu pada makanan yang cara penyajiannya dengan cepat, serta mengandung banyak kalori tetapi jumlah dari nilai gizinya sedikit. Junk food ini juga sering disebut dengan makanan sampah. Biasanya junk food ini dikonsumsi oleh orang-orang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu, meskipun makanan ini juga sudah menjadi salah satu makanan favorit bagi sebagian orang.

Dengan mengkonsumsi junk food orang juga tidak akan merasa kenyang, justru akan membuat orang menjadi ketagihan sehingga makan secara berlebihan dan akhirnya pun orang akan memiliki masalah dengan berat badan serta kesehatannya. Maka dari itu banyak orang yang berpesan untuk menghindari makanan tersebut, karena sudah kita ketahui bahwa junk food merupakan makanan yang akan menyebabkan gangguan kesehatan.

Makanan yang termasuk pada golongan junk food menurut WHO, antara lain:

Makanan asinan (kadar garam tinggi) akan memberatkan kerja ginjal, mengiritasi lambung dan usus.
Makanan gorengan mengandung kalori, lemak, dan minyak tinggi, akan mengakibatkan kegemukan serta sakit jantung koroner. Saat proses menggoreng, munculah zat karsinogenik yang memicu kanker.
Makanan kalengan merupakan makanan yang dikemas dalam kaleng, bisa berupa buah-buahan atau daging. Biasanya makanan kaleng tidak sehat yang mengandung bahan pengawet, dan juga mengakibatkan menurunnya kandungan gizi serta nutrisi.
Mie instant mengandung bahan pengawet, trans lipid yang akan beresiko buruk pada pembuluh darah jantung. Kadar garam pada mie instant menyebabkan ginjal menjadi berat.
Makanan yang dibakar dan dipanggang, makanan tersebut akan menimbulkan zat yang memicu penyakit kanker.
Makanan manis beku (ice cream, cake beku,dll) pada umumnya mengandung mentega tinggi yang akan mengakibatkan obesitas dan juga kadar gula tinggi.
Makanan daging berlemak dan jeroan yang mengandung lemak jenuh dan juga kolesterol yang akan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner, kanker usus besar, dan kanker payudara.

Berikut terdapat bahayanya junk food bagi kesehatan, meliputi:

1. Obesitas

Dampak buruk paling utama dari junk food yaitu akan menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini dikarenakan junk food merupakan makanan yang mengandung banyak lemak, garam, serta kalori. Dalam satu porsi junk foo memiliki kandungan kalori yang banyak, tetapi dari nilai gizinya sangat rendah atau bahkan tidak ada sama sekali. Penyebab utama dari obesitas jika dibiarkan maka akan menyebabkan tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.

2. Gangguan Pencernaan

Junk food merupakan makanan yang sulit untuk dicerna, karena hal ini akan menyebabkan sistem pencernaan akan bekerja ekstra maka akan menimbulkan gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus, atau penyakit lainnya. Ketika kita memakan junk food dengan cara digoreng maka dari kandungan minyak akan tersimpan didalam dinding lapisan perut sehingga hal ini akan meningkatkan produksi asam, kemusian rempah-rempahnya pun akan mengiritasi lapisan lambung sehingga akan menyebabkan penyakit lambung serta menghambat pada sistem pencernaan.

3. Diabetes

Diabetes juga menjadi salah satu penyakit yang diakibatakan dari mengkonsumsi junk food. Ketika tubuh mendapatkan asupan gizi dari makanan tersebut, maka tubuh pun akan mendapatkan pasokan glukosa yang fungsinya untuk menjaga sensitivitas insulin. Tetapi jika tubuh hanya menerima kandungan junk food maka akan memberikan efek buruk pada metabolisme tubuh sehingga akan menurunkan kemampuan tubuh dalam memproduksi serta pemanfaatan insulin dalam tubuh. Maka dari itu apabila telalu banyak mengkonsumsi makanan junk food maka akn membuat kadar gula lebih tinggi.

4. Depresi

Pada umumnya mengkonsumsi junk food juga akan menyebabkan depresi terutama bagi anak-anak dan remaja. Kandungan junk food akan mengubah hormon sehingga akan rentan mengalami dalam perubahan suasana hati, perilaku, dan juga sikap. Pada remaja kemungkinan akan menderita depresi hingga mencapai 58%, dan salah satu yang dapat diatasi yaitu dengan melakukan diet.

5. Mudah Lelah

Jika terbiasa mengkonsumsi junk food maka tubuh akan mengalami mudah lelah. Hal ini terjadi karena junk food merupakan makanan yang nutrisinya rendah atau bahkan nilai dari gizinya tidak ada. Disaat cadangan nutrisi pada tubuh kosong maka akan merasa mudah lelah.

6. Mempengaruhi Kinerja Otak

Junk food sangat berpengaruh pada kinerja otak, Jika mengkonsumsi dalam satu minggu maka akan memicu gangguan pada memori otak. Hal ini dikarenakan adanya lemak trans yang ada di junk food akan menggantikan lemak yang sehat dan akan mengganggu pada mekanisme sinyal normal pada otak. Hal ini juga akan menyebabkan seseorang sulit untuk berfikir.

7. Gangguan Ginjal

Cemilan seperti kentang goreng memiliki rasa yang sangat enak, tetapi kandungan garam halus yang ada didalamnya akan meningkatkan air liur dan sekresi enzim, dan efeknya akan membuat ketagihan pada junk food. Terdapat kandungan lemak dan natrium yang tinggi sehingga akan mengakibatkan terganggunya keseimbangan sodium-potasium tubuh dan akan memicu hipertensi.

8. Merusak Hati

Dengan mengkonsumsi junk food dalam periode waktu tertentu akan memilki efek yang akan merugikan pada organ hati, kasus ini sama halnya dengan yang ditimbulkan pada orang yang pecandu alkohol. Menurut penelitian bahwa hal ini terjadi karena adanya pengendapan lemak trans yang telah ditemukan dalam sejumlah junk food di organ hati sehingga akan menyebabkan difungsi pada organ hati tersebut.

Tips Mengurangi Dampak Buruk Junk Food:

  • Diet sehat
  • Rajin olahraga
  • Hindari makanan kemasan
  • Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran
  • Perbanyak minum air putih

Demikian informasi dari bahayanya mengkonsumsi junk food bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts