Benarkah Makan Telur Setiap Hari Menyebabkan Kolesterol Tinggi?

Diposkan oleh : iman pada 8:51 am tanggal October 27, 2017

Telur merupakan salah satu makanan yang memiliki sumber gizi terbaik untuk tubuh. Selain meiliki kaya akan protein dan lemak, telur juga memiliki kandungan dengan berbagai jenis vitamin dan mineral yang cukup penting. Meski demikian, sebagian orang beranggapan bahwa sebaiknya hanya putihnya saja yang dikonsumsi serta hindari untuk mengonsumsi bagian kuningnya karena akan membuat kolesterol darah tinggi.

benarkah makan telur setiap hari menyebabkan kolesterol tinggi

Menurut Jansen Ongko, MSc, RD menyatakan bahwa memang pada saat ini masih banyak orang yang menghindari telur terutama pada bagian kuningnya, karena kandungan kolesterol yang dimilikinya. Tetapi faktanya, menurut penelitian menunjukkan bahwa kadar kolesterol yang meningkat pada saat mengonsumsi telur merupakan HDL (High Desity Lipoprotein) atau kolesterol baik.

HDL adalah kandungan protein yang ada pada plasma darah yang memperbaiki kerusakan serta mengurangi kolesterol dari tubuh.HDL tersebut akan membawa kolesterol yang ada pada jaringan tubuh ke hati untuk dibuang kedalam empedu. Maka dari itu, HDL merupakan sebutan kolesterol baik. Bahkan semakin tinggi kadar HDL dalam darah, maka akan semakin rendah beresiko penyakit arteri koroner pada orang tersebut.

Sebenarnya kolesterol merupakan salah satu komponen yang penting dalam sel manusia dan hewan karena dapat berpengaruh pada hormon dan fungsi lainnya. Tubuh akan memproduksi kolesterol, sehingga kita tidak perlu menambahkannya dari makanan lain. Akan tetapi, pada umumnya pola makan orang modern akan mengalami kolesterol tinggi karena seringnya mengonsumsi produk hewani. Dan perlu diketahui bahwa seluruh produk hewani memiliki kandungan kolesterol serta lemak jenuh.

Baca juga : Manfaat Masker Putih Telur Untuk Perawatan Kulit Wajah

Meskipun telur mengandung kolesterol yang cukup tinggi, tetapi kandungan lemak jenuhnya rendah. Pada kebanyakan orang, untuk setiap penurunan kolesterol sebanyak 100 miligram dari pola makan, maka akan dialami penurunan kadar LDL sebanyak 2,2 poin. Tetapi, untuk mengurangi asupan lemak jenuh sekitar 4 hingga 7% dari jumlah kalori, kadar kolesterol dalam darah maka akan turun sebanyak dua kali lipat dari hanya membatasi kolesterol.

Menurut suatu penelitian dari University of Surrey menunjukkan bahwa pada bagian kuning telur yang kaya akan kandungan zinc, fosfor, vitamin B, antioksidan, dan juga kolin. Jika dikombinasikan dengan putih telur maka nutrisi yang didapat oleh tubuh akan menjadi lebih baik seperti dapat membantu mengurangi inflamasi, akan lebih banyak otot, penurunan berat badan dengan mudah, dan kecerdasan pada otak.

Didalam sebuah studi yang diterbitkan oleh American Heart Journal, seseorang yang memiliki penyakit arteri koroner, kemudian makan telur utuh sebanyak 2 buah sehari masih tetap baik-baik saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts