Benda Yang Tidak Boleh Dipinjamkan Demi Kesehatan

Diposkan oleh : iman pada 8:51 am tanggal February 20, 2017

benda yang dilarang

sehatsecaraalami.com – Pertimbangakan lagi jika kamu sering bertukar barang atau saling meminjamkan seperti pakaian atau alat make up dengan teman. Ternyata bertukar benda mempunyai resiko yang menularkan banyak penyakit yang mungkin gejalanya tidak kita rasakan.

Setiap wanita pastinya mempunyai peralatan make up dan juga peralatan pribadi. Peralatan yang sering dipakai untuk keperluan sehari-hari.

Perlu Anda ketahui bahwa, meminjamkan benda-benda pribadi atau juga meminjamkan milik teman sebenarnya suatu hal atau tindakan yang cukup berbahaya. Kenapa? Karena benda pribadi bisa saja menularkan sebuah penyakit. Seperti halnya meminjamkan sebuah handuk pada teman, sangat riskan tertular penyakit kulit seperti kadas, panu, atau kurap. Jamur kulit bisa saja menempel pada handuk, baik yang basah ataupun yang kering. Jika dipakai jamur tersebut dapat menempel pada kulit orang lain. Demikian juga pada peralatan yang lainnya.

Dalam sebuah penelitian juga telah menemukan sebuah faktra yang mencengangkan bahwa sejumlah tester riasan yang telah disediakan untuk dicoba di toko-toko besar ternyata memiliki kandungan bakteri E.coli, Staphylococcus, dan Streptococcus. Bakteri dari E.coli akan menyebabkan gangguan pencernaan yang pada umumnya berpindah dari tangan orang yang tidak mencuci tangan setelah buang air yang kemudian langsung menyentuh sampel tersebut. Nah, hal tersebut juga mungkin terjadi pada barang lain yang digunakan dengan cara bergantian.

Berikut benda-benda pribadi yang tidak boleh dipinjamkan :

1. Pakaian

Bakteri sering berada pada setiap permukaan kulit tubuh kita. Meskipun tidak cukup berbahaya, namun bakteri tersebut akan menyebabkan infeksi. Pakaian yang mengandung kuman berasal dari tinja atau jamur. Dan bahaya kuman-kuman tersebut dapat bersemayam pada pakaian dengan dalam waktu yang lama, meskipun telah dicuci kemungkinan kuman akan tetap menempel dan akan menyebar pada pakaian yang lain apabila tidak dicuci secara tidak benar. Untuk dari itu ada baiknya Anda tidak meminjamkan pakaian kepada orang lain, terutama pakaian olahraga, baju masak, terutama baju dalam. Jika Anda sedang mengalami keputihan, alangkah baiknya pakaian dalam harus diganti apabila sudah terasa lembab.

2. Handuk

Handuk yang digunakan lebih dari satu orang, maka akan beresiko pertukaran kuman. Penyebaran infeksi ini akan lebih mudah terjadi jika handuk dalam keadaan basah. Bakteri yang terdapat pada handuk yaitu Staphylococcus yang mampu bertahan hidup beberapa jam, hari, bahkan bulan. Karena handuk sering dalam keadaan lembab sehingga menjadi sarang bakteri.

3. Sikat Gigi

Penggunaan sikat gigi dengan cara bersamaan akan beresiko meningkatkan penularan hepatitis C, akibatnya kemungkinan akan terkena paparan darh yang akan mengandung virus hepatitis C. Untuk itu diharuskan untuk selalu membawa sikat gigi jika saat menginap.

4. Make up

Hal ini mungkin sangat sering dilakukan bagi kaum wanita, apalagi yang paling riskan yaitu pada bagian mata. Penyakit mata seperti konjungtivis dan mata merah merupakan jenis penyakit yang sangat mudah untuk ditularkan karena dalam masa penularan penyakit tidak selalu bersamaan dengan munculnya tanda penyakit tersebut. Sedangkan penggunaan lipstik akan meningkatkan resiko infeksi seperti herpes yang akan mengakibatkan lecet hingga melepuh pada bibir.

5. Earphone

Infeksi pada saluran telinga ini ternyata dapat disebabkan oleh pemakaian headphone yang kurang bersih. Apabila tidak segera ditangani maka akan cepat meluas sehingga akan mengakibatkan resiko buruk seperti hilangnya pendengaran. Oleh karena itu, selain membersihkan earphone dengan secara teratur, penting juga untuk tidak saling bertukar benda dengan orang lain.

6. Alat cukur

Kulit yang sudah terkelupas akan mengeluarkan darah ketika seseorang sedang mencukur rambut, bulu, atau jenggot sehingga akan menyebarkan suatu penyakit seperti hepatitis C, apalagi jika digunakan secara bergantian.

Pada umumnya, disarankan untuk menghindari bertukar-tukar benda pribadi dengan orang lain, seperti juga pada sabun, gelas, atau botol minum. Jika terlanjur dipinjamkan pada orang lain, usahakan cuci terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat supaya kuman-kuman terbunuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts