Cara Ampuh Mengatasi Masalah Perut Kembung Pada Bayi

Diposkan oleh : iman pada 2:07 am tanggal April 21, 2018

sehatsecaraalami.com – Perut kembung merupakan suatu kondisi yang dimana gas menumpuk di dalam lambung dan usus sehingga dapat menyebabkan perut terasa penuh dan juga pada beberapa kasus akan terlihat bengkak. Kondisi perut kembung ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, tetapi bayi juga bisa mengalaminya.

Perut kembung pada bayi akan membuat bayi menjadi tidak nyaman sehingga akan menjadi rewel dan sering menangis tanpa alasan. Sebenarnya perut kembung yang terjadi pada bayi hingga usia 3 bulan termasuk hal yang wajar, karena memang pada saluran pencernaannya masih belum berfungsi sempurna. Dengan seiring bertambahnya usia, maka bayi juga dapat mengalami perut kembung dikarenakan memulai untuk mencoba makanan yang berbebda untuk pertama kalinya.

cara mengatasi masalah perut kembung pada bayi

Ciri-ciri Perut Kembung Pada Bayi

Pada bagian saluran pencernaan terdapat gas atau udara. Tetapi hal yang menjadi masalah yaitu jika gas yang ada didalamnya berlebih. Pada anak yang usianya sudah lebih besar atau orang dewasa, gas tersebut akan mudah untuk dikeluarkan. Sedangkan pada bayi, maka sebagian tidak dapat dengan mudah untuk dikeluarkan gas dari dalam perutnya dan membutuhkan bantuan untuk mengeluarkannya.

Salah satu ciri-ciri perut kembung pada bayi yaitu bayi yang mulai rewel dan menangis tanpa alasan. Apabila hal tersebut terjadi, sebaiknya cobalah untuk memeriksa pada bagian perutnya. Jika kondisi perut bayi cukup keras dan disertai dengan buang angin beberapa kali, maka kondisi itu tandanya bayi mengalami perut kembung. Selain itu perhatikan juga pada gerakan bayi. Apabila dia sering menggeliat dan juga melengkungkan punggungnya ke belakang, atau mengangkat kedua kakinya, ciri-ciri tersebut juga menjadi petanda bahwa dia sedang merasakan perut kembung.

Lalu apa yang menyebabkan bayi mengalami perut kembung?

Perut kembung pada bayi dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa penyebab perut kembung pada bayi yang perlu Anda ketahui, diantaranya :

  • Makanan yang dikonsumsi ibu

Bayi yang masih minum ASI dapat menghasilkan gas yang berlebihan ketika ibu si kecil mengonsumsi makanan sayuran pembentuk gas seperti brokoli, kembang kol, kol, bawang bombai atau kacang, kentang.

  • Makanan yang dikonsumsi bayi

Bayi yang berusia 6 bulan sudah mulai makan, maka Anda harus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Sayuran memang bagus untuk bayi, namun tidak semua sayuran bisa dikonsumsi secara berlebihan. Seperti brokoli, meskipun sehat, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan maka dapat membuat perut si kecil kembung.

  • Minuman selain ASI

Bayi tidak dianjurkan untuk meminum minuman lain selain ASI, susu formula dan air putih. Minuman jus maka dapat membuat bayi mengalami diare, sakit perut serta gas yang berlebih dikarenakan sistem pencernaan bayi masih sulit untuk mencerna kandungan gula buah ataupun fruktosa yang terdapat didalam jus.

  • Dot bayi

Apabila bayi meminum susu formula dari botol bayi, maka sebaiknya para orang tua lebih cermat dalam memilih dot yang pas. Pada bagian ujung dot yang terlalu kecil dapat membuat lebih banyak udara yang masuk ke dalam perut bayi saat ia sedang minum susu serta dapat menimbulkan masalah pada perut seperti kembung atau sakit pada perut. Pada beberapa botol susu bayi memang dirancang khusus untuk mengurangi udara yang masuk ke dalam mulut bayi.

Berikut ini cara untuk mengatasi perut kembung pada bayi :

1. Letakan bayi diatas kasur dengan posisi tidur terlentang. Angkat kedua kakinya dan lakukan gerakan seperti sedang mengayuh sepeda. Gerekan ini dapat membantu untuk mengeluarkan gas dari perut bayi.

2. Pijat lembut pada perut bayi secara perlahan dengan gerakan searah jarum jam. Cara ini bisa dilakukan dengan posisi tidur.

3. Usap-usap pada bagian punggung dengan meletakkan bayi diatas kedua paha Anda dengan posisi perut yang menghadap ke bawah atau telungkup.

4. Posisi menyusui untuk bayi harus sedikit tegak, supaya susu dapat lancar secara perlahan dan masuk ke dalam perut sehingga tidak menimbulkan masalah pada perut.

5. Susui bayi sebelum ia merasa lapar. Karena hal ini dapat meminimalkan kemungkinan perut kembung pada bayi yang akibatnya masuk angin. Saat bayi sudah menangis kelaparan, maka dia cenderung akan menelan angin lebih banyak bersamaan dengan makanannya.

Telah kita ketahui bahwa kondisi perut kembung pada bayi bisa menjadi tanda masalah pada pencernaan yang serius, maka dari itu apabila bayi menjadi semakin rewel, sulit untuk buang air besar, muntah atau demam, sebaiknya untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter. Semoga bermanfaat !

Untuk mengatasi masalah perut kembung pada bayi, kami merekomendasikan untuk Anda yaitu Obat Herbal QnC Jelly Gamat, yang merupakan obat herbal multikhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan baik kronis maupun non kronis, juga aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia dari mulai bayi hingga dewasa, bahkan ibu hamil dan menyusui juga aman dikonsumsi karena terbuat dari bahan-bahan alami pilihan terbaik yaitu Ekstrak Teripang Emas yang memiliki berbagai kandungan serta sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Tidak hanya itu, QnC Jelly Gamat juga telah terdaftar di BPOM TR 173301471 dan DEPKES P-IRT Nomor 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI sehingga sangat aman dan tidak akan menimbulkan efek samping. Untuk mengetahui informasi lebih jelas dan lengkap mengenai Obat Herbal QnC Jelly Gamat, silahkan KLIK DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts