Cara Mendeteksi Kondisi Kesehatan Tubuh Dengan Melalui Kuku

Diposkan oleh : iman pada 6:27 am tanggal August 3, 2017

Pada penampilan kuku, ternyata dapat membuka sejumlah informasi mengenai kesehatan tubuh. Adanya sejumlah perubahan pada penampilan kuku ternyata juga menandakan adanya suatu infeksi bakteri ataupun cedera, tetapi sejumlah tanda lainnya dapat merujuk pada penyakit tertentu yang mungkin lebih serius.

Pertumbuhan kuku pun dapat memberikan petunjuk mengenai kondisi kesehatan tubuh yang mungkin tidak diketahui sebelumnya. Pada umumnya kuku jemari yang sehat memiliki warna merah muda dan akan tumbuh sekitar 3,5 mm perbulannya, yang dipengaruhi oleh asupan nutrisi, penyakit, obat-obatan, truma, dan juga penuaan tubuh.

mendeteksi penyakit dari kuku

Fungsi utama kuku yaitu untuk melindungi pada ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Secara kimia, kuku merupakan sama halnya dengan rambut yang terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur. Kuku yang tumbuh seperti gel lembut namun mati, mengeras, kemudian akan terbentuk ketika mulai tumbuh keluar dari ujung jari. Sedangkan pada kulit pangkal kuku memiliki fungsi yaitu untuk melindungi dari kotoran.

Apabila Anda menyadari adanya perbedaan pada kuku, termasuk terjadinya pembengkakan, perubahan bentuk, perubahan warna, atau ketebalan kuku, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mengetahui kondisi tubuh Anda. Gejala tersebut mungkin tidak akan berbahaya atau dapat hilang dengan sendirinya, tetapi mungkin saja juga akan menunjukkan suatu kondisi kesehatan tertentu seperti yang dialami oleh penderita penyakit diabetes.

Berikut beberapa komplikasi pada penampilan kuku yang berhubungan dengan kesehatan tubuh :

1. Kuku Kuning

Pada umumnya kuku kuning disebabkan oleh adanya faktor penuaan dan penggunaan kuteks yang rutin. Selain itu aktivitas merokok juga dapat meninggalkan bekas noda kekuningan pada permukaan kuku jari. Apabila kuku Anda rapuh, tebal, dan berwarna kekuningan, maka penyebab utamanya yaitu karena infeksi jamur. Kuku kuning merupakan suatu indikasi dari penyakit seperti diabetes, proriasis, tiroid, atau bahkan masalah pada pernapasan (bronkitis atau sinusitis), meskipun hal tersebut sangat jarang terjadi.

2. Kuku Berwarna Putih

Hal yang mungkin saja menunjukkan bahwa adanya gangguan ginjal, anemia, atau hati. Garis yang berbentuk pita putih yang berjajar pada kuku dapat menandakan bahwa Anda kekurangan protein.

3. Kuku Bercak Putih

Pada umumnya adanya bercak atau noda putih yang timbul pada permukaan kuku merupakan suatu reaksi trauma yang ringan, bukan karena defisiensi kalsium. Kondisi tersebut akan hilang dengan sendirinya, tetapi apabila bercak putih tidak kunjung hilang, maka infeksi jamur adalah penyebabnya.

4. Garis Vertikal

Garis vertikal merupakan tanda alami dari penuaan. Garis-garis tersebut akan semakin jelas terlihat dengan seiringnya bertambah usia, dan bukanlah kondisi yang serius. Kondisi garis vertikal tersebut diakibatkan oleh defisiensi B12 dan juga magnesium.

5. Garis Putih Horizontal (Beau’s lines)

Permukaan kuku yang bergaris horizontal daoat diakibatkan oleh trauma atau penyakit yang dapat diikuti oleh demam tinggi, seperti pneumonia atau scarlet fever. Pada kondisi ini terjadi akibat adanya sistem respon yang menunda dalam pertumbuhan kuku karena tubuh yang lebih mempriotaskan dalam proses pemulihan terhadap masalah lain yang mungkin diderita oleh tubuh. Garis horizontal yang memiliki warna disebut Meel’s lines yang merupakan tanda atau gejala dari penyakit malaria, hodgkin, keracunan arsenik, keracunan karbon monoksida dan kusta / lepra.

6. Kuku Menghitam

Kuku yang terlihat berwarna hitam karena adanya darah pada kulit dibawahnya, kondisi tersebut biasanya terdapat luka atau trauma yang diakibatkan oleh cedera. Tetapi apabila warna hitam tersebut bukan berasal dari kuku, ma bisa merupakan tanda dari melanoma, atau penyakit kanker yang mematikan. Pada umumnya melanoma subungual hanya dapat mempengaruhi pada satu kuku. Selain itu juga melanoma dapat menyebabkan garis-garis hitam menjadi berubah seperti menghitam atau semakin lebar.

7. Kuku Kering, Rapuh atau Pecah-pecah

Kuku yang lembek dan rapuh merupakan efek dari lempeng kuku yang kering akibat melakukan aktivitas berenang, berada di lingkungan yang kering, atau penggunaan aseton yang rutin. Atau kuku rapuh mungkin dapat diakibatkan karena kekurangan asupan vitamin A, B, dan C.

8. Clubbing

Kuku clubbing merupakan kondisi yang dimana jaringan bawah kuku terjadi penebalan atau ujung jari yang membulat dan juga membengkak. Ujung kuku yang tumbuh ke arah dalam mengikuti bentuk pada ujung jari. Di duga clubbing sebagai hasil dari peningkatan aliran darah pada ujung jari, yang merupakan kondisi turunan namun tidak berbahaya. Perlu Anda ketahui bahwa clubbing bisa menjadi tanda kurangnya kadar oksigen dalam darah serta berhubungan dengan penyakit penyakit sirosis, paru-paru, atau kanker.

9. Kuku Berlubang atau Berlekuk

Adanya lubang-lubang yang kecil atau lekukan yang tidak rata pada permukaan kuku dapat menjadi tanda dari psoriasis, sindrom reiter, eksim, artritis reaktif, atau alopecia areata.

Tips menjaga kuku supaya tetap sehat sehingga terhindar dari berbagai serangan infeksi :

  • Hindari menggigit kuku atau mematahkan.
  • Hindari warna kuku yang mengandung aseton atau formaldehyde.
  • Menjaga supaya tetap bersih dan kering.
  • Memotong kuku dengan arah yang searah pada bagian tepi dan memutar pada bagian ujungnya.
  • Jangan mengerik atau membersihkan kutikula dengan terlalu dalam karena akan mengakibatkan infeksi.
  • Gunakan alat manikur miliki sendiri.
  • Oleskan pelembab khusus kuku dan kutikula setiap hari, maka dapat membantu mencegah keretakan.
  • Makan dengan diet seimbang yang mengandung vitamin B7 atau biotin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts