Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Sedang Sakit Tifus

Diposkan oleh : iman pada 3:49 am tanggal October 17, 2017

Penyakit tifus merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi di Indonesia. Penyebab utama terjadinya sakit tifus yaitu dari kebersihan. Tifus atau yang disebut dengan demam typhoid yaitu penyakit yang sangat mudah menular dengan melalui makanan ataupun minuman, yang disebabkan oleh adanya bakteri yang ada pada makanan atau minuman yang dikonsumsi. Sehingga tifus akan menginfeksi pada sistem pencernaan. Tifus juga tergolong pada penyakit yang menyebabkan diare, sehingga sangat mudah membuat daya tahan pada tubuh seseorang menjadi lemah.

Penderita penyakit tifus sangat disarankan untuk mengetahui berbagai macam pantangan yang harus dihindari, supaya penyakit tifus tersebut tidak semakin parah terutama pada mengetahui pantangan dalam segi makanan. Karena makanan yang merupakan faktor utama dalam penyembuhan penyakit tidak itu sendiri.

makanan yang harus dihindari saat sakit tifus

Berikut makanan yang harus dihindari bagi bagi penderita penyakit tifus :

  • Sumber Karbohidrat

Seseorang yang menderita penyakit tifus akan mengalami masalah pada pencernaan, terdapat beberapa makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi yang tidak dianjurkan seperti beras merah, beras ketan, ubi, jagung, talas, singkong, roti whole wheat, tarci, dan kue yang memiliki rasa manis maupun gurih. Sumber karbohidrat yang dianjurkan bagi penderita penyakit tifus yaitu bubur atau tim, kentang, roti yang memiliki tekstur halus, dan makanan yang terbuat dari tepung-tepungan yang dibubur.

  • Kacang-kacangan

Penderita penyakit tifus sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kacang-kacangan, baik kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai, ataupun kacang tolo.

  • Sayuran Berserat Tinggi

Sayuran yang memiliki kandungan serat tinggi seperti daun pepaya, daun katuk, daun singkong, daun melinjo, oyong, dan timun yang telah dimasak sangat tidak dianjurkan untuk penderita penyakit tifus. Begitu juga pada sayuran yang dimakan langsung tanpa dimasak terlebih dahulu.

  • Buah-buahan

Ada beberapa buah-buahan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit tifus. Karena buah tersebut merupakan buah yang memiliki rasa asam tinggi seperti buah apel, jeruk, jambu biji, dan buah asam. Selain itu juga, buah yang dapat memicu timbulnya gas pada pencernaan sangat tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi seperti durian dan nangka.

  • Sumber Lemak

Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti makanan gorengan atau makanan yang bersantan sangat tidak dianjurkan ketika mengalami sakit tifus. Jika seorang penderita mengonsumsi makanan tersebut maka dikhawatirkan dapat memicu terjadinya komplikasi.

  • Makanan Pedas

Makanan pedas juga merupakan salah satu makanan yang harus dihindari bagi penderita penyakit tifus, karena makanan tersebut dapat menimbulkan efek panas terhadap sistem pencernaan terutama pada usus, yang jika penderita penyakit tifus mengonsumsi makanan pedas maka akan mengalami luka atau peradangan akibat dari bakteri penyebab tifus tersebut sehingga usus akan mengalami luka sekaligus efek panas. Usus akan mengalami peradangan, dan jika sudah parah maka akan mengalami pendarahan pada usus.

  • Sumber Protein Hewani

Terdapat beberapa sumber protein hewani yang memiliki tekstur kasar yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit tifus. Makanan yang memiliki kandungan sumber protein tersebut seperti daging kambing, daging sapi, daging ayam, ikan asin atau ikan yang diawetkan. Penderita penyakit tifus sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan sumber protein yang memiliki tekstur empuk.

  • Minuman

Berbagai jenis minuman seperti kopi, teh, alkohol, soda dan minuman lainnya yang mengandung bahan kimia serta pemanis buatan sangat tidak dianjurkan bagi penderita penyakit tifus, karena minuman tersebut disinyalir dapat memicu sakit yang lebih parah. Dan minuman tersebut juga tidak baik bagi kesehatan pencernaan.

Selain memperhatikan pada makanan yang dikonsumsi, jangan lupa juga untuk selalu penuhi asupan cairan. Penyakit tifus yang dapat menimbulkan gejala diare, sehingga penderita akan mengalami dehidrasi. Maka dari itu untuk selalu cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang banyak. Setidaknya minum enam hingga delapan gelas perhari. Semoga bermanfaat 😉

Related post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts