Dampak Mengkonsumsi Es Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Diposkan oleh : iman pada 6:20 am tanggal December 24, 2016

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jika terlalu sering megkonsumsi es sangat tidak baik, apalagi dikonsumsi oleh ibu hamil, akan banyak dampak yang terjadi. Apalagi es yang telah dicampur dengan bahan glukosa tinggi, hal itu akan sangat membahayakan terutama pada janin yang ada dalam perut. Tidak percaya? Mari kita simak 🙂

dampak es

Disaat cuaca yang sangat panas tentu saja akan membuat kita dehidrasi. Dengan meminum air es, rasa kehausan serta kepanasan pun akan hilang, bahkan tubuh kita akan menjadi segar kembali. Namun apakah bagi ibu hamil diperbolehkan untuk meminum air es? Jawabannya tentu saja sangat dilarang, salah satunya alasannya adalah akan membuat bayi menjadi besar sehingga kemungkinan besar akan sulit dalam proses melahirkan.

Berdasarkan medis, berikut terdapat macam bahaya bagi ibu hamil apabila mengkonsumsi es, antara lain:

1. Menggemukan Badan

Bagi ibu hamil jika mengkonsumsi es akan membuat tubuh menjadi gemuk, karena pada air minum tersebut mengakibatkan pembakaran kalori didalam tubuh menjadi lebih lama. Penumpukan kalori dan lemak akan menyebabkan ibu hamil menjadi gemuk sehingga akan menghambat dalam proses melahirkan. Sangat dianjurkan bagi para ibu hamil apabila berat badan ibu hamil meningkat lebih dari 15kg, maka harus melakukan diet agar tidak ada masalah dengan kesehatan tubuhnya serta kehamilannya.

2. Berat Bayi Yang Berlebihan

Berat badan bayi yang normal adalah 2,5-3kg. Apabila lebih dari itu dapat dikatakan bahwa bayi tersebut memiliki berat badan yang berlebihan. Bagi bayi yang besar saat dalam rahim tidak akan menguntungkan bagi ibu hamil karena nantinya akan sulit dalam proses persalinan yang normal. Dan hal itu terjadi akibat mengkonsumsi air es yang telah dicampur dengan glukosa sehingga membuat bayi memiliki berat badan yang berlebih.

3. Mudah Lelah

Ibu hamil akan sering merasakan mudah kelelahan karena sering mengkonsumsi air es. Oleh karena itu air es sangatlah berpengaruh terhadap kondisi tubuh sehingga akan mudah lelah.

4. Diabetes

Bahaya bagi ibu hamil mengkonsumsi air es adalah diabetes. Fakta telah menunjukkan bahwa apabila ibu hamil mengkonsumsi air es akan melahirkan bayi dengan berat badan yang berlebihan. Diabetes juga akan membuat asupan gula pada janin semakin meningkat.

5. Masuk Angin

Ibu hamil akan mudah terkena masuk angin, oleh karena itu sangat tidak dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi air es. Dalam kondisi yang sedang terkena masuk angin akan membuat tubuh semakin down.

6. Perut Kembung

Dampak selanjutnya yaitu akan terjadi kembung pada perut. Selaput yang berisi lendir yang ada didalam tubuh akan menimbulkan kontraksi yang berlebih, pada otot perut pun akan menjadi kram bahkan akan terjadi kejang-kejang, karena enzim pada lambung akan bereaksi dengan adanya perubahan suhu yang kurang normal, sehingga akan menimbulkan perut kembung.

7. Gangguan Pencernaan

Efek dari minum air es akan menimbulkan gangguan pada pencernaan, sehingga akan terjadi penyempitan pada usus serta saluran pencernaan. Ketika hal itu terjadi maka pada janinnya pun akan kekurangan nutrisi dan itu hal yang tidak baik bagi janin, sehingga akan terkena gangguan berat badan rendah dan gizi buruk.

8. Otak Membeku

Otak membeku merupakan salah satu yang sangat berbahaya, dan ini tidak boleh disepelekan. Hal ini akan berpengaruh terhadap fungsi fisiologis menjadi terganggu. Dan hal ini juga akan menyebabkan migrain.

9. Membuat Usus Sempit

Kasus seperti ini bukan hanya terjadi pada ibu hamil saja, tetapi orang yang tidak sedang hamil pun akan mengalami hal seperti ini, karena terjadinya penghancuran serta proses penyerapan pada makanan menjadi lambat serta akan terganggu. Suhu yang terdapat pada air es akan menyebabkan partikel makanan menjadi membeku. Dari pembekuan minyak di saluran usus, dan itulah yang membuat pencernaan dan usus menyempit.

Catatan buat para ibu yang sedang hamil, Es memang dapat menyegarkan tubuh ibu hamil, tetapi perlu diingat lagi bagi ibu hamil tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Apabila hanya mengkonsumsi air tanpa mencampurkan dengan gula atau es batu, itu tidak akan menimbulkan masalah, namun apabila mencampurkan dengan bahan gula lainnya itu akan dapat menyebabkan hal yang negatif bagi tubuh ibu hamil.

Semoga sebuah artikel kesehatan ini dapat bermanfaat, serta menjadi referensi bagi keluarga Anda. Terima kasih ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts