Dampak Sering Mengkonsumsi Obat Dalam Jangka Waktu Panjang

Diposkan oleh : iman pada 4:54 am tanggal April 15, 2017

Pada sebagian orang mungkin memilih obat kimia karena reasksinya yang cepat dalam mengatasi suatu penyakit, naum perlu diketahui bahwa pada reaksi tersebut bukanlan untuk mengatasi dari penyebab penyakit tersebut, melainkan hanya untuk menekan gejala yang akan timbul tanpa menjangkau penyebab yang sebenarnya.

dampak obat berlebihan

Banyak sekali orang-orang diluar sana yang menggunakan obat kimia yang dijual bebas dipasaran tanpa mencari tahu terlebih dahulu penyebab penyakitnya dan memeriksakan diri pada dokter. Padahal jika mengkonsumsi obat-obatan jenis tersebut sangat membahayakan pada kesehatan tubuh Anda apabila tidak dikonsumsi dengan dosis yang tepat atau dalam jangka yang panjang.

Obat tersebut akan menjadi racun jika dalam pemberiannya tidak sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan. Meskipun obat tersebut yang biasanya dikonsumsi untuk membantu dalam menyembuhkan, meringankan ataupun mencegah penyakit, namun para ahli pun memperingati jika terlalu banyak mengkonsumsi obat maka justru akan menimbulkan resiko yang sangat tinggi.

Didalam penelitian pada efek samping dengan jangka waktu yang panjang biasanya akan dilakukan dalam kurun waktu 10-20 tahun. Pada dasarnya, dalam penggunaan obat dalam jangka waktu panjang harus dihindari, karena mengingat tidak selamanya tubuh kita akan dapat mengaborsi maupun menetralisir pada setiap zat yang masuk.

Beberapa efek mungkin belum kita rasakan sekarang, lalu bagaimana jika suatu saat tubuh kita terserang penyakit yang parah? Nah, mungkin itu efek dari penggunaan obat-obatan dalam jangka waktu panjang.

Berikut beberapa dampak dari penggunaan obat dalam jangka waktu panjang :

1. Komplikasi

Komplikasi merupakan gabungan rusaknya dari beberapa organ, yang terjadi jika kita terlalu sering dan banyak mengkonsumsi berbagai jenis obat ataupun melakukan gaya hidup yang tidak sehat serta kurang sehat. Pada obat-obatan yang dikonsumsi secara berlebihan maka akan merusak pada sebuah organ,. Jika satu organ yang rusak maka dapat mengganggu pada metabolisme yang hasilnya akan merusak fungsi dari organ lainnya.

2. Infeksi

Pada beberapa obat yang telah digunakan dalam jangka panjang maka akan memicu timbulnya suatu infeksi pada beberapa bagian tubuh. Terutama penggunaan obat-obatan antibiotik atau vaksin yang dibuat dengan pemanfaatan bakteri maupun virus. Obat antibiotik adalah obat yang dihasilkan dari bioteknologi modern, dengan mengubah bakteri menjadi obat. Maka dari itu, dalam penggunaan jangka waktu panjang ataupun tidak sesuai maka akan berdampak yang berbahaya bagi tubuh.

3. Resistensi Bakteri

Bahaya dari obat antibiotik yang tidak sesuai dengan aturan maka akan menimbulkan resistensi bakteri didalam tubuh, yang hasilnya beberapa bakteri yang tidak mempan lagi dengan antibiotik tersebut. Oleh karena itu hindarilah seringnya penggunaan obat antibiotik, terutama dengan menggunakan generasi yang paling akhir. Dikarenakan jika suatu saat tubuh terserang bakteri patogen, maka tidak ada lagi antibiotik yang dapat menyembuhkannya.

4. Kerusakan Ginjal

Ginjal berperan sebagai penyaring darah, sehingga obat-obatan akan diangkut oleh darah. Darah kotor hasil dari metabolisme juga akan membawa ampas-ampas obat yang nantinya akan disaring oleh ginjal. Jika terlalu banyak mengkonsumsi obat maka akan menjadi penyebab dari gagal ginal pada kemudian hari.

5. Kerusakan Jantung

Jantung adalah pemompa darah. Setiap darah pada tubuh akan dialirkan pada jantung mulai dari yang bersih sampai yang kotor. Dalam penggunaan obat penguat jantung seperti digoksin, kardiovaskuler, obat-obatan anti hipertensi maka dapat menurunkan funsgi jantung. Kerusakan yang terjadi dapat terlihat dari beberapa masalah penyakit jantung ketika tubuh mulai memasuki usia lanjut.

6. Berkurangnya Sistem Imun

Ampas yang ditinggal dari obat-obatan tidak akan bersih total setelah dikeluarkan melalui keringat dan urin. Oleh karena itu pada obat-obatan yang sejatinya akan meninggalkan racun didilam tubuh, sehingga sistem imun akan berkurang.

Berikut terdapat gangguan secara mental, diantaranya :

1. Ketergantungan

Biasanya ketergantungan ini akan terjadi jika adanya sugesti, atau bisa juga penyalahgunaan obat-obatan seperti penggunaan obat psikotropik atau narkotik.

2. Gangguan Psikis

Gangguan psikis ini biasanya terjadi dengan muncul halusinasi, suka menghayal, dan mudah linglung. Dari ketergantungan akan menimbulkan gangguan psikis yang sangat serius.

3. Merubah Kebiasaan

Efek dari obat jangka waktu panjang akan merubah kebiasaan seperti kebiasaan BAB, pola makan, waktu tidur, atau keletihan. Tidak sedikitnya pasien mengeluhkan waktu tidur yang menjadi tidak teratur setelah mengkonsumsi obat.

4. Insomnia

Hal ini biasa terjadi pada orang yang menggunakan obat-obatan steroid, sehingga pola tidur menjadi tidak teratur. Beberapa orang yang mengeluhkan penyebab jantung berdebar atau penyebab dada menjadi sesak nafas ketika sedang tidur. Menggunakan obat tidur pada penderita insomnia maka akan menimbulkan efek yang berbahaya, serta akan menimbulkan ketergantungan.

5. Emosi Labil

Beberapa orang akan merasakan efek pada usia senja, atau biasanya saat sudah tidak banyak melakukan aktifitas. Beberapa obat akan mempengaruhi susunan saraf, termasuk pada yang mengatur emosi sehingga tidak jarang kita melihat lansia yang sangat mudah tersinggung, bingung, dan mudah marah. Hal tersebut disebabkan oleh usia, dan dari beberapa obat pun yang memegang peranan penting atas efek jangka waktu panjang seperti obat diklofena atau golongan AINS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts