Dampak Tidur Setelah Makan Yang Wajib Anda Ketahui

Diposkan oleh : iman pada 6:52 am tanggal January 11, 2017

Mengapa kita tidak boleh tidur setelah makan? Karena sangat berbahaya, dan akan berdampak pada tubuh kita. Untuk itu perlu Anda ketahui apa kenapa hal ini sangat berbahaya.

efek tidur setelah makan

Setiap hari tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang sangat penting untuk melakukan aktivitas. Dan nutrisi tersebut ada pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jika tubuh sudah terpenuhi nutrisinya maka melakukan aktivitas pun akan lancar, tanpa ada halangan. Nutrisi yang telah masuk pada tubuh kita dapat mendukung aktivitas yang akan dilakukan, serta akan menjaga kesehatan pada tubuh.

Namun perlu Anda ketahui, apabila langsung tidur setelah makan maka akan berpotensi terserang penyakit, bukan hanya gangguan pada sistem pencernaan saja, tetapi ada banyak sekali yang sangat berpotensi terjangkit berbagai jenis penyakit. Untuk itu kenapa semua orang tua selalu melarang pada anaknya jika setelah makan langsung tidur. Karena didalam ilmu medis juga terdapat penjelasan mengenai efek buruk yang akan terjadi apabila hal itu terus dilakukan.

Berikut terdapat dampak atau efek buruk apabila tidur setelah makan bagi kesehatan:

1. Obesitas

Ketika kita langsung tidur setelah selesai makan maka akan terjadi asupan kalori yang terkandung pada makanan yang telah masuk tubuh kita yang tidak dapat diproses atau tidak akan terjadi pembakaran sehingga asupan makanan tersebut akan menjadi lemak yang nantinya akan menumpuk didalam tubuh. Penumpukan lemak didalam tubuh akan menyebabkan berat badan naik, sehingga akan terjadi obesitas.

2. Diabetes

Akibat efek domino pada proses penumpukan lemak yang ada didalam tubuh maka akan dengan mudah terserang penyakit diabetes. Jika Anda melakukan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berat atau cemilan sebelum tidur maka penyakit ini akan muncul.

3. Serangan stroke

Turun naiknya nafas kita yang tidak normal saat langsung tidur setelah makan merupakan efek yang disebabkan karena dari refluks asam, sehingga akan mempercepat serangan stroke yang mendada.

4. Sesak nafas

Karena perut yang penuh maka akan dapat menghambat dan menekan pada pergerakan oksigen yang akan masuk melalui paru-paru, sehingga akan mengakibatkan nafas tersengal-sengal serta membuat dada akan terasa sesak.

5. Meningkatkan kadar gula dalam tubuh

Makanan yang mengandung glukosa tidak dapat dicerna dengan normal maka akan menumpuk dan menggumpal dalam darah bahkan akan menyumbat pembuluh darah, dikarenakan terdapat zat gula yang tidak dapat hancur atau gagal untuk menyebar keseluruh tubuh yang akibatnya kadar gula didalam tubuh akan meningkat.

6. Pencernaan terganggu

Fungsi enzim dalam pencernaan akan menjadi kacau dan tersendat dikarenakan makanan yang ada didalam pencernaan tidak bisa bergerak secara baik. Sehingga dalam proses penggilingan makanan akan gagal.

7. Perut akan buncit

Akan mempercepat proses penumpukan lemak pada perut bagian bawah, sehingga lemak akan mengendap karena tidak dapat dicerna oleh alat pencernaan.

8. Memicu panas dalam

Adanya zat gas, rasa pedas dan makanan yang berminyak atau yang dipenuhi dengan bumbu berat maka akan menyebabkan panas dalam.

9. Resiko serangan jantung

Apabila alat pencernaan tidak normal maka akan terganggu kerja jantung untuk memompa darah dengan lancar. Ketidakmampuan organ jantung berdenyut secara normal dapat mengakibatkan serangan jantung.

10. Penumpukan bakteri pada rongga mulut

Tidur setelah makan akan membuat sisa-sisa makanan bertahan pada sela gigi yang akan mengakibatkan naiknya zat asam dalam rongga mulut sehingga akan mempercepat proses pembusukan saat anda tertidur.

11. Memicu serangan penyakit maag

Tidur setelah makan akan menyebabkan organ pencernaan merasa tertekan, sehingga akan mengakibatkan asam lambung yang naik dan oksigen pun tidak lancar masuk melalui paru-paru. Jika hal ini terus menerus maka kondisi ini akan mengakibatkan serangan penyakit maag yang akan menyerang dengan gejala lambung yang tersasa perih dan juga mual.

Itulah beberapa bahaya yang dapat akan terjadi apabila tidur setelah makan. Mungkin tidak akan ada gejala pada awalnya, tetapi apabila sudah menjadi kebiasaan maka kondisi tersebut secara perlahan akan mengganggu pada kesehatan Anda.

Untuk pilihan paling bijak yaitu tidurlah setelah 2 sampai 3 jam setelah selesai makan demi mempertahankan semua kualitas kesehatan pada organ pencernaan. Biarkan dahulu pencernaan bebas mencerna tanpa harus ada tekanan hanya karena tubuh dalam keadaan saat tidur. Semoga informasi ini dapat bermanfaat yaa gaiss…dan berubahlah kebiasaan-kebiasaan buruk Anda sejak dini 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts