Gejala Sakit Campak, Komplikasi Campak

Diposkan oleh : iman pada 7:30 am tanggal June 16, 2016

Waspadai Komplikasi Campak
Sekilas, campak sama seperti cacar air yakni dengan gejala munculnya ruam-ruam di seluruh tubuh dan sangat menular. Namun infeksi yang disebabkan oleh virus ini memiliki komplikasi yang lebih serius dan bisa sangat mengganggu. Gejala campak mulai muncul sekitar satu sampai dua minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh, diantaranya mata menjadi sensitif terhadap cahaya, radang tenggorokan, mata merah, hidung tersumbat dan beringus, demam, serta adanya bercak putih keabu-abuan pada tenggorokan dan mulut.

komplikasi campak
Selanjutnya, muncul ruam atau bercak merah kecokelatan beberapa hari kemudian. Biasanya dimulai di wajah, sekitar kepala, lalu turun ke leher, hingga menyebar ke seluruh tubuh. Diagnosis campak dilakukan dengan melihat gejala yang muncul atau untuk memastikan, bisa dengan mengetes sampel air liur. Telah ada vaksin untuk mencegah penyakit ini yang masuk dalam bagian vaksin MMR (campak, campak jerman, dan gondongan).
Sebagai informasi, program imunisasi campak di tanah air dimulai sejak tahun 1982. Tahun 2010, Riskesdas mengungkapkan anak-anak Indonesia yang berumur satu sampai dua tahun yang mendapat imunisasi campak mencapai 74,4 persen. Sementara pencapaian imunisasi campak di Indonesia sampai bulan Desember 2013 sampai 90,82 persen. Namun meski telah mencakupi 90 persen, WHO melaporkan di Indonesia terdapat 6300 kasus campak tahun 2013.
Virus campak terdapat pada percikan cairan saat pengidap campak batuk atau bersin lalu akan menulari siapapun yang menghirup percikan ini. Parahnya, virus campak bisa bertahan beberapa jam di permukaan benda. Jika benda yang telah tertempel virus campak Anda sentuh lalu ditempelkan ke mulut atau hidung dengan tidak sengaja, maka Anda kemungkinan besar akan terinfeksi. Seringnya, campak menimpa anak-anak di bawah umur lima tahun. Namun siapapun bisa terinfeksi virus ini terutama yang belum pernah terkena infeksi campak sebelumnya atau yang belum mendapatkan vaksinasi campak.
Secara alami, kekebalan tubuh manusia bisa melawan infeksi ini. Namun jika infeksi campak menjadi sangat parah, mungkin diperlukan perawatan di rumah sakit. Ada beberapa hal yang bisa membantu mempercepat proses pemulihan campak seperti banyak istirahat dan menghindari sinar matahari, minum obat penurun demam serta pereda rasa nyeri, dan banyak minum air untuk mencegah dehidrasi. Jangan mengonsumsi aspirin untuk penderita di bawah usia 16 tahun.
Komplikasi dari campak bisa terjadi dan terbilang berbahaya. Contoh komplikasi akibat campak antara lain pneumonia atau infeksi paru-paru, infeksi otak, bronkitis, serta radang pada telinga. Kelompok orang yang memiliki risiko lebih besar terkena komplikasi campak ialah anak-anak dengan kondisi kesehatan buruk, anak di bawah satu tahun, orang dengan penyakir kronis, dan orang dengan sistem imun yang lemah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts