Ini Akibatnya Jika Tubuh Kekurangan Asupan Makanan Serat

Diposkan oleh : iman pada 8:41 am tanggal September 19, 2017

Serat merupakan salah satu nutrisi penting dalam proses pencernaan dan juga kesehatan tubuh kita. Kandungan serat yang memiliki kemampuan untuk mengikat lemak yang berasal dari suatu makanan yang kita konsumsi sehari-hari, yang kemudian diikat dan dicerna secara sempurna.

Fungsi serat bagi tubuh sangat penting yaitu untuk melancarkan pencernaan, membantu dalam menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol, dan lain-lain. Para ahli gizi juga menyarankan supaya tubuh mendapatkan asupan serat yang cukup sebanyak 25-35 gr serat selama satu hari. Maka dari itu jika terpenuhinya kebutuhan tubuh akan serat, maka proses pencernaan yang terjadi dalam tubuh pun akan menjadi lebih baik dan tidak terhambat.

Lalu seberapa seringkah Anda mengkonsumsi sayur dan buah? Apabila Anda termasuk orang yang memang jarang mengkonsumsi sayur dan buah, Anda harus berhati-hatilah. Karena banyak sekali gangguan kesehatan yang dapat terjadi jika tubuh kekurangan serat. Apa yang terjadi jika tubuh kekurangan serat?

akibat tubuh kekurangan makanan serat

Berikut beberapa hal jika tubuh kekurangan serat :

Pencernaan Tidak Lancar

Gangguan kesehatan biasa terjadi saat seseorang tidak cukup mengkonsumsi makanan berserat yaitu sembelit. Jadwal buang air besar menjadi tidak menentu jika asupan seratnya kurang. Didalam tubuh, serat yang berfungsi untuk membantu dalam mencerna makanan yang masuk kedalam perut.

Serat juga bisa merangsang gerakan usus sehingga sisa-sisa makanan akan cepat dikeluarkan oleh tubuh. Selain itu juga dalam kemampuannya untuk menyerap air akan membuat sisa makanan menjadi lebih mudah dikeluarkan oleh tuuh. Atau juga bisa dibilang serat yang berperan sebagai ‘pelicin’ dalam hal tersebut.

Infeksi Saluran Cerna

Jika seseorang kekurangan makanan berserat maka bisa jadi banyak gangguan pencernaan yang dialami. Tidak hanya sulit untuk buang air besar tetapi juga akan mengalami iritasi pada usus, divertikulasi (radang usus besar), atau kolitis ulseratif (radang usus dan rektum). Pada semua gangguan tersebut merupakan suatu peradangan yang terjadi didalam organ pencernaan. Apabila Anda mengkonsumsi makanan serat maka zat tersebut akan melingdungi organ pencernaan bahkan terhindar dari peradangan tersebut.

Kadar Gula Darah Naik

Makanan berserat dapat diandalkan untuk membuat gula darah tetap normal. Biasanya makanan yang memiliki kandungan serat tinggi tidak akan memiliki kandungan yang indeks glikemik yang tinggi sehingga sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tidak hanya itu, apabila seseorang menderita penyakit diabetes, maka pada makanan serat akan dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah dengan cara menekan nafsu makan serta dapat meningkatkan rasa kenyang. Jadi tidak akan banyak makan nasi atau makanan yang mengandung karbohidrat lain yang dikonsumsi ketika pada waktu makan tiba.

Kenaikan Berat Badan

Fungsi utama dari serat dalam mengikat lemak sehingga sangat mudah untuk dicerna dan dibuang dari tubuh. Saat mengalami kondisi kekurangan serat maka dapat dipastikan bahwa lemak yang ada dalam tubuh akan sulit untuk keluar dan akan mengendap sehingga akan mengalami kegemukan.

Selain itu, serat juga bersifat mudah mengenyangkan sehingga tidak akan terstimulasi untuk makan berlebihan yang akan menyebabkan kenaikan berat badan. Untuk mengatasi hal ini, dapat Anda lakukan aktivitas seperti :

  • Olahraga teratur
  • Mengurangi makanan berlemak dan berkalori tinggi
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan
  • Perbanyak minum air putih

Resiko Penyakit Jantung

Sudah banyak penelitian yang telah dibuktikan bahwa jika seseorang kekurangan makanan serat maka akan beresiko mengidap penyakit jantung. Hal ini dapat dikaitkan dengan kemampuan serat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh. Selain itu juga, dengan mengkonsumsi makanan berserat dapat menurunkan tekanan darah yang telah dimuat didalam jurnal Food and Function tahun 2016.

Lalu berapa banyak makanan serat yang harus dikonsumsi?

Menurut Kementrian Kesehatan, pada orang dewasa membutuhkan sebanyak 30 gram serat dalam sehari. Selain pada sayuran dan buah-buahan, Anda dapat memilih makanan yang mengandung serat tinggi seperti makanan pokok yang mengandung lebih banyak serat dibandingkan dengan nasi biasa. Nasi merah atau roti gandum merupakan contoh makanan yang memiliki kandungan serat yang lebih tinggi.

Itulah beberapa akiba jika tubuh mengalami kekurangan serat. Maka dari itu sertakan asupan makanan yang berserat dan bergizi dimulai dari sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts