Jenis-jenis Olahraga dan Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil

Diposkan oleh : iman pada 7:50 am tanggal November 26, 2016

Banyak ibu hamil yang belum mengetahui dan memahami pentingnya banyak bergerak masa kehamilan. Ketika saat hamil adalah kegiatan yang baik serta menyehatkan tubuh bahkan dapat mempermudah proses persalinan kelak. Tetapi banyak ibu hamil yang malas melakukan gerakan-gerakan dengan berbagai macam alasan padahal ini akan merugikan ketika saat persalinannya nanti.

olahraga hamil

Gerakan yang disarankan yang memiliki sifat lebih santai, tidak perlu yang berlebihan. Gerakan yang mempunyai kualitas baik dapat menyehatkan tubuh serta janin yang ada di perut. Contoh hal kecil yaitu melakukan jalan di pagi hari dengan rutin dan teratur.

 

Inti dari olahraga saat hamil adalah untuk mengatur berat badan serta menjaga kebugaran tubuh. Berikut ada beberapa jenis olahraga khusus ibu hamil yang bisa Anda lakukan sehari-hari, tetapi ini tergantung pada kondisi ibu hamil itu sendiri.

Jenis-jenis olahraga tersebut antara lain:

1. Jalan Kaki

Melakukan jalan kaki sangat baik bagi ibu hamil salah satunya untuk memperlancar peredaran darah. Semua orang pasti bisa melakukannya, karena tidak memerlukan peralatan yang khusus, dan dapat dapat dilakuakan sampai akhir kehamilan. Selama ibu hamil melakukan olahraga jalan kaki, hindari mengalami dehidrasi.

2. Senam Hamil

Dengan melakukan senam hamil, selain mendapat kesehatan juga mendapat kebugaran pada ibu hamil dan janinnya. Karena dengan melakukan senam, dapat menguatkan otot-otot yang diperlukan saat melakukan persalinan nanti sehingga dapat mempermudah proses persalinan, serta dapat membantu melenturkan otot.

3. Berenang

Menurut para ahli kesehatan menyatakan bahwa olahraga berenang adalah salah satu olahraga yang baik dan bagus karena dapat melatih otot-otot besar seperti kaki dan tangan. Olahraga renang juga dapat memberi manfaat bagi kinerja jantung dan dapat menurunkan berat badan untuk ibu hamil yang berat badannya diatas normal. Ibu hamil dapat melakukan olahraga ini dengan waktu kurang lebih 30 menit dalam sehari.

4. Peregangan

Latihan peregangan dapat membantu fleksibilitas tubuh bagi ibu hamil saat proses persalinan. Ini dapat membantu relaksasi ibu hamil.

5. Yoga

Olahraga ini sama halnya dengan senam hamil. Sebaiknya cara ini harus dilakukan dengan panduan ahli. Kelebihan yoga adalah untuk melatih pernafasan, serta relaksasi ibu hamil yang sangat penting untuk persalinan nanti. Relaksasi dari yoga dapat membuat menjalani hari-harinta dengan tenang dan mampu mengurangi rasa takut dan panik proses persalinan.

6. Latihan Beban

Manfaat olahraga ini adalah mengurangi cidera dan membuat otot-otot disekeliling sendi menjadi lebih kuat. Lakukan latihan angkat beban yang sederhana dan bisa dilakukan di rumah.

Itulah beberapa jenis olahraga ibu hamil yang dapat dilakukan sehari-hari. Dilihat dari jenis-jenis olahraga bagi ibu hamil, ternyata banyak sekali manfaat yang didapat.

Berikut ada beberapa manfaat olahraga bagi ibu hamil diantaranya:

– Mengurangi resiko keguguran

Ibu hamil yang rajin melakukan olahraga pagi secara rutin akan terhindar dari resiko keguguran.

– Kondisi tubuh tetap fit

Melakukan olahraga dapat membuat kondisi tubuh tetap fit dan terhindar dari semua gejala penyakit. Aktifitas seberat apapun jika kondisi tubuhnya fit akan terasa lebih ringan karena tubuh tidak akan cepat lelah.

– Melenyapkan stres dan gelisah

Olahraga dapat menghilangkan rasa gelisah hingga proses persalinan nanti.

– Memperlancar aliran darah

Berolahraga tentunya akan memperlancar aliran darah dari semua jaringan tubuh. Selama masa kehamilan sampai proses melahirkan ibu tidak akan merasakan pegal dan nyeri terutama pada pinggang dan punggung.

– Psikologis semakin kuat

Kesehatan psikologis akan kuat serta percaya diri untuk menghadapi proses persalinannya nanti dengan normal. Pikiran akan menjadi tenang dan rileks serta dapat lebih berkonsentrasi dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

– Mencegah meningkatnya kadar gula

Jika ibu hamil sering mengkonsumsi kadar gula yang tinggi maka akan mengalami peningkatan kadar gula dalam darah saat usia kehamilan diatas 6 bulan. Oleh karena itu kondisi ini sangat berbahaya pada proses persalianan.

– Meningkatkan hormon Endortin

Hormon Endortin merupakan hormon yang mampu memberikan efek ketenangan, dan akan membuat efek rileks pada mental maupun pikiran.

– Memperkuat otot panggul

Jika otot panggul kuat maka otomatis akan mendorong bayi keluar dengan cepat dan lancar tanpa menimbulkan rasa nyeri.

– Menyehatkan dan memperkuat jantung

Dapat menormalkan denyut jantung sehingga akan mencegah terjadinya lemah jantung maupun seragan gagal jantung.

– Menjaga kenaikan berat badan dengan normal

Hal ini berhubungan dengan olahraga jalan kaki yang merupakan latihan secara fisik dalam menjaga pembuluh jantung. Dengan cara seperti ini maka akan menjaga berat badan selama masa kehamilan.

Itulah beberapa manfaat olahraga bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi ibu-ibu hamil khususnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts