Ketahui Bahaya Zat Aditif Pada Makanan Untuk Anak

Diposkan oleh : iman pada 8:46 am tanggal August 16, 2017

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup dalam mempertahankan hidupnya. Telah kita ketahui bahwa pada makanan dengan 4 sehat 5 sempurna kiranya sudah mencukupi pada kebutuhan gizi harian. Tetapi pada tuntutan zaman sekarang ini, banyak orang yang lebih memilih makanan yang serba praktis dan instan. Pada makanan siap saji memang sudah populer diseluruh dunia, namun pada makanan tersebut bukanlah makanan yang sehat untuk kita konsumsi terutama pada anak-anak. Karena anak-anak sangat membutuhkan asupan makanan sehat untuk proses tumbuh kembangnya.

bahaya zat aditif untuk anak

Banyaknya bahan makanan yang berkontribusi terhadap obesitas dan juga masalah pada kesehatan lainnya yang dapat mengganggu pada anak-anak. Zat aditif pada makanan merupakan bahan kimia alami atau buatan yang pada umumnya ditambahkan ketika proses atau pengolahan makanan dengan tujuan untuk mempertahankan rasa, mengawetkan, serta menambah cita rasa pada makanan tersebut.

Zat aditif muncul pada saat perkembangan teknologi yang merambah pada industri makanan. Saat ini banyak sekali makanan dan minuman yang serba instan dan mengandung zat aditif. Meskipun ternyata zat tersebut ada yang aman untuk dikonsumsi, tetapi zat aditif ada juga yang berbahaya dan sangat beresiko apabila dikonsumsi. Efek bahaya pada tubuh akan terjadi dari zat tersebut terutama pada anak-anak, seperti alergi, adanya perubahan tingkah laku, bahkan kerusakan pada sel-sel tubuh lainnya. Zat aditif makanan memiliki pengaruh yang berbeda-beda pada tubuh, namun pada sebagian orang dapat menyebabkan perubahan hormon, kerusakan sel dan dapat memicu munculnya penyakit seperti obesitas, migrain dan lainnya.

Berikut beberapa zat aditif makanan untuk anak yang harus diwaspadai :

  • Pewarna Buatan

Makanan olahan seperti kue, permen, es krim, atau minuman suplemen cenderung mengandung pewarna buatan. Pewarna buatan (artifical) pada umumnya dimulai dengan nama FD & C(misal FD&C Blue#1). Pewarna tersebut juga disebut dengan nama E102 (Tarrazine), E110 (Sunset Yellow) dan E129 (Allura Red). Pada pewarna tersebut merupakan jenis yang paling banyak digunakan pada jenis makanan seperti permen, sereal serta yoghurt. Penggunaan zat aditif dalam jangka waktu yang panjang dapat mengakibatkan migrain bahkan kanker usus.

  • Pemanis Buatan

Banyak makanan dengan menggunakan pemanis buatan yang semakin meluas. Acesulfume-K, Aspartame merupakan nama-nama bahan pemanis buatan yang sangat banyak ditemukan pada minuman soda dan jus buah. Menurut penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi pemanis buatan dengan jangka waktu panjang maka dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati, gangguan pernafasan, serta penurunan daya ingat bahkan tumor otak.

  • Pengawet Kimia

Pada umumnya bahan pengawet digunakan untuk mengawetkan pangan yang memiliki sifat mudah rusak. Nama Butylated hydroxyanisole (BHA/ E320), Sodium dan sodium benzoat (natrium benzoat/soda benzoat/E211) telah banyak ditemukan pada makanan seperti jelly, margarine, minuman ringan, dan selai. Sehingga zat kimia ini dapat menimbulkan sesak nafas, pusing dan sakit maag.

  • Garam Tambahan

Ketika garam ditambahkan pada makanan, maka resiko menurunnya kesehatan pada seseorang akan menjadi meningkat. Hal ini terjadi karena konsumsi garam berlebih yang terdapat pada makanan cepat saji dan juga kemasan. Anak-anak sangat menyukai pada makanan yang memiliki kadar garam tinggi sehingga akan beresiko mengalami kerusakan pada hati dan penyakit jantung. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan kandungan garam pada kemasan makanan.

  • Gula Tambahan

High Fructose Corn Syrup (HFCS), Corn Syrup (gula jagung) dan dekstrose merupakan beberapa nama dari pemanis buatan yang sangat banyak digunakan pada minuman ringat, saus tomat, dan biskuit. Mengkonsumsi gula tambahan tersebut dengan dosis yang tinggi dan secara terus menerus akan mengakibatkan obesitas, beresiko diabetes saat dewasa nanti, dan kerusakan pada organ hati. Sedangkan gula yang terkandung pada susu bisa mengurangi nilai gizi dan mengakibatkan kelebihan glikemia serta insulin.

Itulah zat aditif makanan yang sangat berbahaya bagi anak. Cara tepat untuk menghindari makanan yang mengandung zat tersebut dengan anak-anak yaitu dengan membaca terlebih dahulu komposisi dan juga label nutrisi yang ada pada kemasan produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts