Ketahui Posisi Tidur Ibu Hamil Sesuai Trimester Kehamilan

Diposkan oleh : iman pada 9:03 am tanggal February 21, 2018

sehatsecaraalami.com – Pada masa kehamilan, posisi tidur bagi ibu hamil tidak boleh menjadi perkara sepele. Janin yang ada tumbuh membesar akan membuat posisi tidur ibu menjadi serba salah. Terlebih juga sang ibu yang mengalami kesulitan untuk bergerak ketika akan mengubah posisi tidur. Karena posisi tidur yang salah pada ibu hamil dapat mengundang berbagai masalah kesehatan seperti terjadinya pembengkakan pada kaki, nyeri otot, mendengkur, menurunnya tekanan darah, atau malah meningkatnya tekanan darah.

Pada awal trimester, banyak ibu hamil yang tidak bisa tidur nyenyak karena adanya gangguan seperti sakit punggung, mual, pusing, lelah, kram perut dan gangguan lainnya. Sehingga hal ini dapat dipengaruhi dengan keluhan lainnya yang berhubungan dengan rasa cemas serta tekanan pikiran. Karena itu ibu hamil akan selalu merasa tidak bisa tidur serta kehilangan posisi tidur favorit.

Maka dari itu hal ini bisa diatasi dengan cara mengetahui posisi tidur ibu hamil sesuai dengan trimester kehamilan. Berikut ini mengenai ulasannya.

posisi tidur yang baik untuk ibu hamil

Posisi Tidur Trimester Pertama

Pada trimester pertama, ibu hamil akan merasakan gelisah dikarenakan berbagai gangguan kehamilan yang lebih berat. Hal ini akan dirasakan oleh ibu hamil yang baru pertama kali. Terdapat berbagai masalah yang paling sering dihadapi selama trimester pertama yaitu seperti :

  • Gangguan tidur di malam hari dan lebih nyenyak tidur di siang hari. Hal ini dikarenakan produksi hormon progesteron yang mengalami peningkatkan selama kehamilan.
  • Tidak mendapatkan posisi yang paling nyaman.
  • Mengalami mual dan pusing yang menyebabkan tidur menjadi suatu hal yang sulit untuk dilakukan.
  • Perut akan merasakan kurang nyaman karena sering mengalami kram dan mulas.
  • Sering buang air kecil.

Sebaiknya untuk mengatasi hal seperti diatas, maka ibu hamil dapat mencoba dengan beberapa posisi tidur yang baik, diantaranya :

1. Posisi Tidur Miring

Posisi tidur miring ke kiri seperti huruf S termasuk pada trimester pertama. Karena posisi tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan dapat mengatasi rasa lelah yang berlebihan.

2. Tidur Miring ke Kiri

Posisi tidur miring ke bagian kiri memang sangat disarankan untuk semua ibu hamil yang telah masuk ke trimester pertama. Dengan posisi tersebut maka akan mendukung aliran darah yang lebih baik dari pembuluh vena di jantung dan juga menyalurkan oksigen serta gizi ibu hamil. Pada trimester pertama ini janin harus mendapatkan perlindungan terutama untuk kecukupan jumlah oksigen.

3. Gunakan Bantal

Trimester pertama kehamilan jika ibu hamil tidak merasa nyaman dengan posisi tidur, maka tempatkan bantal untuk dijadikan solusi. Letakan bantal tersebut di bagian kepala, punggung dan kaki, sehingga ibu hamil akan merasa nyaman saat tidur.

Posisi Tidur Trimester Kedua

Untuk trimester kedua menjadi masa yang paling nyaman bagi ibu hamil. Karena saat itu kandungan sudah menunjukkan perkembangan janin yang cukup pesat. Bahkan berbagai keluhan yang terjadi saat trimester pertama tidak muncuk lagi, meskipun ada beberapa ibu hamil yang merasakan gejala dengan intensitas yang lebih kecil. Berikut ini posisi tidur yang baik untuk trimester kedua :

1. Miring ke Kiri

Posisi miring ke kiri akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman, dan janin pun akan lebih leluasa untuk bergerak. Selain itu juga pasokan oksigen dan nutrisi plasenta dapat mengalir secara lancar.

2. Hindari Posisi Terlentang

Ibu hamil trimester kedua sangat tidak dianjurkan untuk tidur dengan posisi terlentang. Dikarenakan akan membatasi asupan oksigen untuk janin. Selain itu juga akan menyebabkan kelelahan pada bagian punggung ibu hamil.

Posisi Tidur Trimester Ketiga

Ibu hamil yang sudah masuk trimester ketiga, biasanya akan mengalami gangguan tidur yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh ibu hamil yang merasakan cemas terhadap tanda-tanda akan melahirkan dan kondisi perut yang semakin membesar, sehingga akan menyebabkan tidak nyaman.

Posisi tidur selama trimester ketiga sama halnya dengan trimester sebelumnya yaitu miring ke kiri. Karena posisi tersebut memang sangat baik guna untuk menjaga suapaya nutrisi untuk janin tetap berjalan dengan baik dan lancar.

Posisi tidur miring ke kiri memang menjadi salah satu posisi yang paling aman dan nyaman bagi semua trimester kehamilan. Karena posisi tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Untuk mengatasi masalah tekanan darah, punggung, atau mengalami kesulitan saat bernafas maka dapat diatasi dengan cara ini.

Baca juga :

One response to “Ketahui Posisi Tidur Ibu Hamil Sesuai Trimester Kehamilan”

  1. What’s up, constantly i used to check website posts here early
    in the break of day, for the reason that i like to find out more and more.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts