Ketahui Tanda-tanda Jika Tubuh Kekurangan Asupan Protein

Diposkan oleh : iman pada 6:26 am tanggal January 4, 2018

sehatsecaraalami.com – Sekarang ini banyak orang yang melakukan program diet rendah protein. Padahal jika kita kekurangan asupan protein maka akan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja tanda-tanda jika tubuh kekurangan protein? Simak ulasannya berikut ini.

tanda-tanda tubuh kekurangan protein

Protein merupakan suatu nutrisi penting untuk menjaga tubuh supaya tetap bekerja dengan baik. Protein yang merupakan asam amino yaitu molekul penting yang dibutuhkan untuk fungsi sel-sel tubuh. Tubuh yang menggunakan protein guna untuk membangun dan memperbaiki jaringan, memproduksi enzim, hormon dan bahan kimia tubuh lainnya, serta membantu untuk membangun tulang, tulang rawan, otot, kulit, bahkan darah.

Tidak seperti pada kandungan karbohidrat dan lemak, maka tubuh tidak akan menyimpan protein sebagai cadangan. Jadi supaya tidak kekurangan protein maka tubuh kita perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dengan cara teratur. Protein yang berasal dari sumber makanan seperti daging, susu, telur, ikan, kedelai, kentang dan juga kacang-kacangan.

Agar fungsi protein dalam tubuh tetap terjaga, para ahli gizi juga merekomendasikan untuk mengonsumsi asupan protein harian sekitar 10-30% perharinya. Sebagai panduan diet yang direkomendasikan untuk setiap gram proteinnya yang dibutuhkan oleh orang dewasa dalam setiap harinya yaitu :

  • Wanita (usia 19-70 tahun lebih) : 46 gram
  • Pria (usia 19-70 tahun lebih) : 56 gram

Lalu apa saja tanda-tanda jika tubuh kekurangan protein?

Berikut ini terdapat beberapa tanda tubuh kekurangan protein :

1. Menurunnya fungsi otak

Kurangnya fungsi otak dapat menyebabkan tingkat gula dalam darah menjadi terus berfluktuasi (naik turun) sehingga akan berakibat pada otak. Otak yang akan menjadi sulit untuk fokus, sulit untuk berfikir bahkan bisa menjadi linglung. Hal ini akan terjadi dikarenakan protein yang memang seharusnya membantu dalam melepaskan karbohidrat untuk energi dan juga menggerakan otak menjadi tidak tersalurkan secara baik dikarenakan jumlah yang tidak mencukupi.

2. Mudah lapar

Karena kurangnya asupan protein maka akan menyebabkan menjadi mudah lapar. Kenapa? Kandungan protein yang menjaga kadar glukosa (gula) menjadi tetap stabil. Jika jumlah protein tidak tercukupi maka tingkat glukosa akan menjadi tidak stabil. Sehingga hal seperti ini akan mendorong untuk terus makan dan seolah-olah tubuh masih belum mendapatkan sumber energi yang cukup.

3. Otot menjadi lemah

Protein yang berfungsi untuk mendukung dalam pertumbuhan dan juga kekuatan otot. Jika tubuh kekurangan protein, maka jangan heran otot akan menjadi lemah. Otot yang kekurangan protein akan terus menyusut dari waktu ke waktu. Selain itu juga, Anda bisa merasakan nyeri dan juga kram akibat dari kondisi tersebut.

4. Rambut rontok

Kandungan protein merupakan pelindung dari sel-sel, termasuk pada folikel rambut. Apabila folikel rambut kuat, maka rambut juga akan tetap berada di kepala. Tetapi jika kekurangan asupan protein, maka perlindungan akan menipis dan akan memerhatikan bahwa rambut cendering akan mudah rontok bahkan akarnya juga menipis.

5. Gangguan pada pencernaan

Ternyata jika tubuh kekurangan protein maka akan terjadi gangguan pada pencernaan. Hal ini terjadi karena protein bisa membantu untuk mengangkut dan melepaskan nutrisi ke seluruh tubuh. Jika jumlah pada protein tidak tercukupi, maka akan mengganggu homeostatsis yaitu konsentrasi zat didalam tubuh. Selain itu juga hal tersebut dapat menghilangkan nafsu makan sehingg dapat menyebabkan insomnia serta mengganggu pada keseimbangan suhu tubuh.

6. Mudah sakit

Apabila sering terserang penyakit, maka bisa jadi Anda kekurangan asupan protein yang cukup. Protein yang merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan sistem kekebalan yang kuat. Selain itu protein juga menjadi landasan yang penting terciptanya sel darah merah, sel darah putih dan antibodi. Dari semua itu bekerja sama untuk menangkal bakteri, virus, dan patogen yang ada didalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts