Khasiat Daun Seledri Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Diposkan oleh : iman pada 8:56 am tanggal February 16, 2017

sehatsecaraalami.com – Penyakit darah tinggi atau biasa disebut dengan hipertensi sekarang memang sering menyerang masyarakat. Karena penyakit ini juga sangat berbahaya dan berpeluang terkena penyakit stroke. Dan jika stroke tidak segera ditangani maka akan mengalami kelumpuhan, komplikasi, bahkan sampai meninggal.

khasiat seledri

Menurut salah satu ahli medis bahwa, penyakit darah tinggi atau hipertensi disebabkan karena terjadinya suatu peningkatan tekanan darah dengan dalam jangka waktu yang lama secara kronis. Untuk itu penyakit ini dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Apalagi saat Anda sedang mengalami stress, sering meminum minuman keras, berfikir keras, sering mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi, dan kurang melakukan olahraga. Namun Anda tidak usah khawatir karena ada cara yang alami untuk membantu mengatasi dan juga mengobati penyakit hipertensi yaitu dengan menggunakan daun seledri.

Daun seledri merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dipakai oleh orang-orang untuk menyegarkan masakan. Selain untuk bahan masakan, seledri ini juga sudah lama dijadikan favorit untuk pengobatan tradisional dan salah satunya yaitu untuk mengobati tekanan darah tinggi. Karena cenderung tanaman ini memiliki kualitas dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Tanaman ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi serta lengkap. Ada kandungan kalsiumnya yang setara dengan kalsium kecambah kedelai yaitu 50 mg per 100 gram. Kandungan dari fosfornya memiliki 40 mg per 100 gram, dan hal ini tidak sebanding dengan cabai merah yang hanya memiliki 24 mg per 100 gramnya.

Daun seledri ini memang banyak sekali manfaatnya mulai dari akarnya, batang, daun, hingga bijinya. Dari akarnya merupakan sumber vitamin C, kalium, dan fosfor yang berfungsi untuk memperbanyak produksi urin, serta memacu mengaluarkan enzim pencernaan. Kemudian dari bijinya sangat berguna untuk menurunkan kadar asam urat, peluruh kentut, peluruh haid, pereda kolik, dan zat penenang alami.

Sedangkan pada daunnya sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena adanya senyawa kimia yang terkandung didalamnya.

Berikut zat yang terdapat pada daun seledri, diantaranya:

– Phthalide

Selain kandungan kalium, daun seledri juga memiliki kandungan senyawa phthalide yang jarang ditemukan pada sayuran lainnya. Kandungan memiliki ciri khas aroma yang unik. Untuk itu senyawa ini sangat berguna untuk melemaskan otot-otot halus yang ada pada dinding arteri serta membuat aliran darah berjalan lebih lancar.

Kondisi stress akan mempengaruhi tekanan darah dan juga jantung. Karena hormon saat stress seperti kortisol dan adrenalin pada umumnya akan menyebabkan menyempitkan pembuluh darah sehingga akan terjadi penghambatan aliran darah. Kandungan ini juga bersifat untuk menghambat produksi tirosin hodroksilase, enzim yang juga dibutuhkan untuk mencetuskan hormon stres, termasuk caracholamines.

– Kumarin

Kandungan ini berfungsi untuk mencegah penyebaran partikel karsinogenik atau radikal bebas. Hal ini menjadi suatu ancaman pada kerusakan sel dan juga organ. Maka dari itu, kandungan pada daun seledri ini sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang kerja sel darah putih supaya lebih aktif sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dan tidak terserang infeksi.

– Apigenin

Seledri merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan bioflavonoid atau apigenin. Jenis ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh yaitu sebagai anti imflamasi, anti oksidan, anti iritasi, dan anti septik. Selain itu juga bermanfaat untuk membantu pelebaran pembuluh darah sehingga terhindar dari serangan penyakit hipertensi. Sedangkan anti karsinogenik dan anti oksidannya menjaga produksi hormon supaya tetap dalam batas wajar.

Daun Seledri Untuk Hipertensi

Dari hasil penelitian di Negara China mengenai daun seledri bahwa jika mengonsumsi jus seledri secara rutin maka akan membantu menurunkan tekanan darah. Karena hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan kalium, mineral, dan juga anti oksidan. Selain itu juga dapat meregangkan dan juga melebarkan otot-otot dinding arteri sehingga darah akan mengalir dengan bebas.

Apabila mengonsumsi seledri sebanyak 2 batang, maka Anda bisa menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal. Dan jika kadar kolesterol kurang dari angka normal, Anda dapat mengonsumsi sebanyak 4 batang dengan jangka waktu kurang lebih 2 minggu dalam setiap hari.

Cara membuat jus seledri

Membuat jus daun seledri sangat mudah sekali, dengan mencuci daun seledri tersebut kemudian cincang sampai halus, dan masukan pada blender dengan ditambahkan segelas air matang sampai halus. Namun apabila sudah selesai, saring terlebih dahulu. Dan jus seledri siap disantap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts