Makanan Untuk Penderita Diabetes

Diposkan oleh : iman pada 6:41 am tanggal June 7, 2016

Ini Makanan Untuk Penderita Diabetes
Pasien diabetes terbilang ribet dalam mengonsumsi makanan. Mereka tidak bisa sembarangan makan apapun yang mereka mau. Karena jika salah asupan, kadar gula darah akan meningkat. Peningkatan gula darah memberi risiko berupa pusing, penyakit jantung, kelelahan, kerusakan saraf, hingga mengalami kebutaan. Oleh karena itu, penderita diabetes harus memilih jenis makanan yang baik untuk kesehatannya.

Makanan Untuk Penderita Diabetes
Menjaga kesehatan orang dengan diabetes biasanya berupa pola makan teratur yang dimaksudkan agar mereka selalu mengonsumsi makanan rendah lemak, bergizi, serta berkalori untuk mengontrol kadar gula darah. Berikut contoh pilihan makanan yang bagus dikonsumsi penderita diabetes:
-Daging tanpa lemak yang dikukus, dipanggang, dibakar, atau direbus. Hindari yang digoreng.
-Makanan dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks seperti kentang, oatmeal, nasi merah, dan sereal dari biji-bijian.
-Buah-buahan segar. Jika ingin dibikin jus, jangan ditambah gula. Jika ingin dibikin smoothies, pakai susu rendah lemak.
-Sayur-sayuran yang dikukus, direbus, dipanggang, atau dikonsumsi secara mentah. Brokoli dan bayam adalah sayuran yang sangat direkomendasikan oleh penderita diabetes.
-Produk olahan susu rendah lemak serta telur ayam kampung.
-Kacang-kacangan seperti kacang kedelai yang dimasak dengan ditumis maupun dikukus.
-Ikan salmon, tuna, sarden, dan makarel. Hindari ikan tongkol karena biasanya mengandung merkuri.

Bagi kebanyakan masyarakat tanah air, hidangan makanan selalu dilengkapi dengan nasi putih. Padahal, nasi putih sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes karena mengandung kadar gula tinggi dibandingkan dengan sumber karbohidrat lain. Tidak hanya nasi putih, penderita diabetes juga sebaiknya menghindari makanan-makanan berikut ini:

-Makanan yang terbuat dari tepung terigu seperti roti tawar putih.
-Daging berlemak dan kulit ayam.
-Sayuran yang dimasak dengan tambahan garam, penyedap makanan, mentega, keju, serta saus.
-Jeroan hewan seperti ati ampela, jantung, paru, dan lain-lain.
-Sayuran kaleng yang memiliki kandungan garam tinggi.
-Produk susu tinggi lemak.
-Makanan yang digoreng seperti ikan goreng, ayam goreng, kentang goreng, dan pisang goreng.

Penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi makanan rumahan yang cara pembuatannya bisa terkontrol. Jika makan makanan dari luar, bahan baku atau bahan tambahan apa saja yang digunakan untuk memasak makanan tersebut mungkin tidak akan diketahui secara pasti. Tidak hanya harus jeli dalam memilih makanan untuk dikonsumsi, penderita diabetes juga disarankan untuk rutin mengecek kadar gula darah. Ada berbagai jenis tes gula darah diantaranya tes gula darah puasa, tes hemoglobin A1C, tes gula darah acak, tes toleransi glukosa oral, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts