Manfaat Kandungan Nutrisi Buah Pala Bagi Kesehatan Tubuh

Diposkan oleh : iman pada 7:53 am tanggal March 30, 2018

sehatsecaraalami.com – Buah pala merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai bahan tambahan masakan. Selain itu juga, buah pala memiliki manfaat sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Berikut ini terdapat kandungan nutrisi yang ada pada buah pala. Simak selengkapnya berikut ini.

Dalam 100 gram buah pala terdapat 525 kalori. Kandungan zat gizi yang bisa didapatkan yaitu sekitar 100 gram buah pala.

  • Lemak total : 36 gram atau 56% dari angka kebutuhan gizi (AKG) harian
  • Protein : 6 gram atau 12% dari AKG
  • Sodium : 16 miligram atau 1% dari AKG
  • Zat besi : 17% dari AKG
  • Kalsium : 18% dari AKG
  • Vitamin A : 2% dari AKG
  • Vitamin C : 5% dari AKG

Itulah berbagai kandungan nutrisi yang ada pada buah pala. Lalu apa saja manfaat dari buah pala tersebut? Yuk simak selengkapnya.

manfaat kandungan nutrisi pala bagi kesehatan tubuh

Manfaat Buah Pala

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat pertama dari buah pala adalah dapat meningkatkan serta menjaga kesehatan otak. Buah pala yang mengandung senyawa myristicin dan macelignan. Pada kandungan senyawa ini dapat mengurangi kerusakan pada sistem saraf dan juga fungsi dari kognitif yang pada umumnya dimiliki oleh penderita demensia atau penyakit Alzheimer.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan senyawa yang dimilikinya dapat memperlambat dampak tersebut serta menjaga otak supaya tetap berfungsi dengan normal. Selain itu juga, buah pala dapat meningkatkan konsentrasi dan juga menghilangkan kelelahan serta stress.

2. Mengurangi Rasa Sakit

Ternyata ada salah satu komponen buah pala yang mirip dengan mentol, yakni sama-sama dapat menghilangkan rasa sakit secara alami. Maka dari itu, dengan menambahkan sebagai bumbu masakan, maka dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan luka, peradangan kronis, ketegangan, dan kondisi seperti arthritis.

3. Menjaga Kesehatan Mulut

Buah pala memiliki sifat antibakteri, maka secara efektif dapat membantu dalam membersihkan bakteri penyebab dari bau mulut atau halitosis. Selain itu juga, buah pala dapat meningkatkan kekebalan pada gusi dan gigi. Dan dapat mengobati masalah pada gigi dan gusi. Dari hal inilah yang akan membuat buah pala menjadi sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam pasta gigi atau obat kumur herbal.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan serat yang ada pada buah pala dapat merangsang pada proses pencernaan dengan cara mendorong gerakan peristaltik pada otot polos usus. Selain itu juga dapat merangsang sekresi dengan berbagai cairan lambung dan juga usus yang dapat memudahkan pada proses pencernaan. Serta dapat membantu pada masalah pencernaan seperti diare, sembelit atau perut kembung.

5. Mengeluarkan Racun Dari Tubuh

Perlu diketahui bahwa buah pala dapat bertindak sebagai tonik yaitu suatu zat yang dapat mengeluarkan racun didalam tubuh. Oleh sebab itu buah pala mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Buah pala dapat membantu dalam menghilangkan racun yang tersimpan di organ hati dan ginjal. Bahkan buah pala mampu membuat organ-organ tubuh menjadi bersih dari berbagai racun seperti alkohol, obat-obatan, makanan, dan polusi. Kandungan senyawa aktif yang ada didalamnya dapat membantu untuk melarutkan batu ginjal dan meningkatkan fungsi dari ginjal dan juga hati.

6. Mengobati Insomnia

Buah pala yang mengandung magnesium tinggi. Magnesium merupakan kandungan mineral yang sangat penting dalam tubuh dalam mengurangi ketegangan saraf bahkan merangsang pelepasan serotonin, yaitu hormon yang bisa menciptakan rasa rileks. Serotonin dapat berubah menjadi melatonin di bagian otak, yang merupakan pendorong untuk tidur sehingga dapat membantu seseorang untuk menghilangkan insomnia atau kegelisahan di malam hari.

7. Melancarkan Tekanan Darah

Kandungan mineral dalam buah pala sangat efektif dalam menjaga fungsi organ. Kandungan kalium yang ada pada buah pala dapat membantu untuk meregangkan pembuluh darah sehingga dapat mengurangi tekanan darah serta menurunkan ketegangan pada sistem kardiovaskular. Selain itu kandungan kalsiumnya dapat meningkatkan kesehatan tulang pada perbaikan dan pertumbuhan serta mengurangi gejala osteoporosis. Kandungan zat besinya dapat meningkatkan jumlah sel darah merah serta mengurangi seseorang terkena gejala kekurangan zat besi atau anemia.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Untuk memiliki kulit yang sehat Anda dapat menggunakan buah pala. Kandungan zat scolopetin yang ada pada buah pala tersebut mampu menghentikan peradangan pada kulit. Pada umumnya buah pala diaplikasikan pada kulit yang dicampur oleh air atau madu. Selain itu, manfaat pada buah pala lainnya yaitu mampu mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit, meningkatkan kelembapan kulit dan mengurangi bekas jerawat, cacar atau bisul.

Itulah berbagai macam manfaat dari buah pala bagi kesehatan tubuh. Anda dapat menggunakan buah pala secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts