Mengenal Ciri-ciri Anak Hiperaktif dan Cara Mengatasinya

Diposkan oleh : iman pada 3:24 am tanggal February 14, 2017

hiperaktif

Anak dengan memiliki fisik atau spikis sempurna merupakan dambaan pada setiap orang tua. Tetapi juga tidak jarang kita menemukan anak yang memiliki ketidaksempurnaan baik secara fisik maupun spikis. Dan hal tersebut tentu sangat mengkhawatirkan bagi setiap orang tua yang memiliki anak dengan kekurangan tersebut, selain itu juga banyak sekali upaya mereka yang dilakukan untuk mengurangi bahkan berniat untuk menyempurnakan kondisi pada anak mereka supaya bisa terlihat lebih seperti pada anak umumnya.

Kita pernah mendengat istilah Hiperaktif. Masalah hiperaktif dikenal dengan nama Attention Deficit Disorder (ADD) yang artinya adanya gangguan pemusatan perhatian dengan hiperkatif atau juga dengan istilah yang menggambarkan prilaku tidak tenang. Hiperaktif merupakan sebuah kelainan terhadap gangguan spikis atau pada tingkah laku secara berlebihan yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Selain itu juga akan mempengaruhi terhadap kondisi fisik anak tersebut. Jadi untuk kesimpulannya hiperaktif adalah sebuah tingkah laku yang berlebihan dan tidak terkontrol serta tidak terarah.

Faktor Penyebab Hiperaktif

  • Faktor Neurologik

Faktor pertama yang disebabkan oleh insiden hiperaktif akan lebih beresiko pada bayi yang mengalami proses persalinan lama, distress fetal, atau persalinan yang dengan cara ekstraksi forcep. Atau juga disebabkan karena berat badan bayi kurang, ibu hamil yang terlalu muda, dan ibu yang merokok dan minum alkohol.

  • Faktor Genetik

Faktor ini merupakan salah satu faktor yang paling banyak dialami oleh anak hiperaktif. Kemungkinan dari orang tua atau saudara yang memiliki riwayat hiperaktif maka akan diturunkan pada anaknya kelak.

  • Faktor Toksin

Faktor toksin disebabkan oleh adanya makanan yang mengandung zat-zat berbahaya atau terdapat bahan kimia didalamnya, sehingga akan menyebabkan tindakan, perasaan, dan pengindraan yang tidak terkendali.

Ada beberapa ciri-ciri atau perbedaan antara anak hiperaktif dan anak aktif yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

Ciri-ciri Anak Hiperaktif

* Cenderung tidak bisa tenang. Contohnya ketika ingin tidur, anak tersebut tidak akan tenang dengan sendirinya.

* Tidak suka memiliki banyak teman. Anak tersebut tidak suka diperhatikan, tidak suka bermain, dan cenderung memiliki sifat yang agresif.

* Sering melakukan pemotongan pembicaraan. Suka berbicara atau berteriak dengan nada yang keras.

* Tidak mudah cape. Anak hiperaktif tidak mengenal dengan kata cape.

* Jarang fokus. Cenderung gerakannya akan tidak sesuai dengan situasi yang sedang dihadapi sehingga akan gagal fokus.

* Suka melawan. Contohnya anak ini suka merusak barang yang ada disekitarnya, bahkan cenderung sangat pelit untuk berbagai hal apapun.

Ciri-ciri Anak Aktif

Anak aktif merupakan anak yang sangat kuat jika melakukan kegiatan apapun. Berikut ciri-cirinya :

* Memiliki fokus yang tajam, terhadap segala sesuatu yang ada disekitarnya.

* Memiliki sifat solidaritas yang tinggi. Sifat tersebut merupakan hal yang sangat baik dan banyak disukai oleh banyak orang.

* Jika terasa cape, akan beristirahat sejenak. Setelah melakukan aktivitasnya maka dengan menghilangkan rasa cape akan beristirahat dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Pada Anak Hiperaktif

Untuk cara mengatasinya Anda dapat melakukan beberapa cara yaitu:

1. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan

Dalam memberikan makanan pada anak, harus diberikan memberikan makanan yang terdapat kandunagn karbohidrat, vitamin, protein, dan serat. Yang disebut dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Karena makanan ini sangat bagus dalam pertumbuhan anak-anak.

2. Memberikan rasa perhatian dan pengertian

Dengan memberikan perhatian dan juga pengertian terhadap anak, maka anak juga dapat menambahkan rasa percaya diri pada diri anak tersebut, juga akan menumbuhkan sifat yang positif.

3. Sering lihat kondisi anak

Anda dapat berkonsultasi pada dokter mengenai kejadian yang sedang dialami oleh anak tersebut.

Perlu Anda ketahui, faktor pemicu atau penyebab lainnya akan dapat mengakibatkan gangguan pada saraf yang ada dalam tubuh, maka dari itu sebagai orang tua harus tetap menjaga dengan baik pada anaknya. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts