Menjaga Kesehatan Kehamilan Pada Trimester Pertama Saat Puasa

Diposkan oleh : iman pada 2:19 am tanggal May 29, 2017

sehatsecaraalami.com – Masa kehamilan merupakan masa perubahan pada tubuh baik secara fisik maupun secara hormonal. Banyak hal yang tidak terduga, pada beberapa wanita diantaranya yang menjadi tidak menyukai makanan tersebut, padahal sebelum masa kehamilan menyukainya. Bahkan pada beberapa aktivitas yang sering terjadi seperti malas untuk bersolek ataupun kegiatan lainnya. Dan hal ini merupakan tanda-tanda kehamilan yang lumrah dialami bagi ibu hamil pada bulan-bulan pertama.

menjaga kesehatan ibu hamil saat puasa

Pada trimester pertama, Anda harus menjaga perkembangan janin yang masih rawan. Pada perkembangan janin minggu ke 4 setelah sel telur dibuahi maka terbentuklah embrio perkembangan selanjutnya pada minggu ke 5 sistem saraf pusat, tulang dan otot pun akan dibentuk hingga perkembangan yang berlanjut pada minggu ke 6 detak jantung bayi sudah bisa dirasakan bahkan pada pencernaan dan pernafasan juga akan dibentuk.

Untuk selanjutnya pada perkembangan minggu ke 7, jantung telah dibagi menjadi bilik kanan dan kiri sehingga akan terbentuk paru-paru, dan keadaan ini akan terus berlangsung hingga semua organ penting terbentuk. Tidak jarang kejadian penting yang terjadi pada trimester pertama sehingga nutrisi yang dikonsumsi menjadi salah satu terpenting untuk mendukung dalam perkembangannya.

Dalam memasuki bulan Ramadhan, kita sebagai umat muslim memiliki kewajiban untuk berpuasa, namun apakah pada ibu hamil yang baru masuk trimester pertama tidak akan bermasalah pada perkembangan janinnya? Menurut penelitian yang telah dilakukan bahwa perkembangan janin pada ibu hamil yang sedang berpuasa maupun yang tidak berpuasa hanya memiliki sedikit perbedaan pada berat badan sang janin ketika masa kelahiran. Meskipun bukan berarti harus memaksakan diri untuk berpuasa karena pengecualian oleh agama islam bagi ibu hamil dan menyusui apabila akan mengakibatkan kondisi yang dapat memperburuk kesehatan.

Setiap orang memiliki kondisi yang berbeda oleh janin ataupun ibu hamil sehingga meskipun sedang memiliki masa kehamilan yang sama, maka tidak akan bisa menjadi acuan untuk mengikutinya. Pada ibu hamil akan merasakan perubahan pada awal kehamilan seperti mual (morning sickness), pusing, sesak nafas, nyeri pada perut, dan perubahan peredaran darah. Sehingga jika melakukan puasa pada awal kehamilan akan dikhawatirkan mengganggu pada perkembangan janin dan juga menurunkan nafsu makan dikarenakan kosongnya perut. Untuk itu lakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui perkembangan janin, apabila hasil dari pemeriksaan sudah dinyatakan sehat maka dapat melanjutkan puasa.

Berikut saran yang telah melakukan pemeriksaan untuk menjaga ekstra kandungannya, sebagai berikut :

1. Perhatikan dalam kecukupan gizi yang dikonsumsi. Meskipun sedang berpuasa, asupan gizi yang harus didapatkan pada ibu hamil 50% karbohidrat, 25% protein, 10-15% lemak sehat, serta asupan vitamin dan mineral.

2. Kenaikan berat badan sebelum dan saat sedang menjalani puasa harus diperhatikan. Dalam penurunan berat badan maka kemungkinan besar akan terkena resiko pada janin. Untuk itu harus pertahankan berat badan serta konsultasikan.

3. Periksa kehamilan untuk mengetahui janin dapat beradaptasi dengan asupan nutrisi . Selama waktu berpuasa bukan berarti janin pun ikut berpuasa, dengan asupan sepanjang hari sangatlah penting untuk diperhatikan pada waktu sahur dan juga berpuasa.

4. Pilihlah menu yang tepat saat berbuka puasa atau sahur supaya bermanfaat untuk perkembangan janin seperti sayuran dan buah-buahan. (Baca juga : Jus Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil Beserta Manfaatnya)

5. Mengatur istirahat dengan baik sehingga tidak akan mengakibatkan stress serta mengganggu pada kesehatan.

6. Apabila kondisi sedang kurang baik seperti terjadi pusing, mual, atau lemas yang berlebihan, maka tidak boleh untuk memaksakan berpuasa supaya tidak berdampak pada sang janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts