Perawatan yang Harus Dilakukan Setelah Operasi Caesar

Diposkan oleh : iman pada 6:42 am tanggal April 18, 2017

perawatan pasca operasi caesar

sehatsecaraalami.com – Operasi caesar yang menjadi langkah persalinan yang biasanya dilakukan dengan beberapa alasan medis yang sangat kuat. Meskipun pada ibu hamil bisa memilih pada proses kelahiran ini, namun juga memiliki resiko yang khusus. Operasi caesar yang dilakukan dengan pembedahan pada bagian dinding rahim untuk mengeluarkan bayi. Maka dengan proses tersebut maka bagian yang sangat penting ini harus diperhatikan oleh semua ibu yaitu pemulihan rahim setelah melakukan operasi. Selain itu juga, biasanya akan menimbulkan rasa sakit yang lebih besar dibandingkan dengan melahirkan cara normal.

Setelah melakukan operasi caesar biasanya sang ibu masih memiliki keterbatasan dalam melakukan berbagai hal. Langkah perawatan akan dimulai dengan membiasakan ibu merasa nyaman dengan luka bekas operasi. Kemudian harus dilanjutkan dengan beberapa latihan fisik yang ringan seperti memiringkan badan, duduk kemudiab berdiri, lalu berjalan. Memang pada prosesnya akan membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan melakukan persalinan normal. Tetapi supaya untuk mempercepat dalam masa proses pemulihan rahim, maka bisa melakukan beberapa perawatan.

Berikut langkah-langkah perawatan pasca operasi caesar :

1. Menggerakan Kaki dan Berjalan Ringan

Pasca melakukan operasi caesar dianjurkan untuk menggerakan kaki dengan bejalan-jalan ringan. Ketika sedang ditempat tidur, cobalah untuk sesekali menggerakan pergelangan kaki. Makin cepat untuk melakukan gerakan, maka semakin cepat pula dalam kelancaran sirkulasi darah. Jika tidak digerakan maka akan terbentuk bekuan darah sehingga akan meningkat dan bekuan darah tersebut akan menghambat di bagian kaki bahkan paru-paru. Selain itu juga, dengan melakukan jalan ringan akan mencegah sembelit serta akan membantu dalam pemulihan. Namun hindari melakukan mengangkat beban atau melakukan olahraga berat.

2. Merawat Luka Bekas Sayatan Pembedahan

Setelah melakukan operasi, maka pada sekitar luka akan ditumbuhi dengan kulit baru. Tetapi kulit baru ini akan mudah tergores sehingga dianjurkan untuk menghindari paparan sinar matahari selama kurang lebih tiga bulan pasca operasi. Berikut terdapat beberapa cara untuk merawat luka pasca operasi caesar, diantaranya :

– Mengganti perban setiap hari dan dengan keadaan tangan bersih.
– Jika sudah ditempelkan plester oleh perawat, maka biarkan hingga plester itu terlepas dengan sendirinya.
– Mencuci luka setiap hari menggunakan air hangat yang telah dicampurkan sabun.
– Hindari produk pembersih yang mengandung proses lambatnya penyembuhan, seperti senyawa hidrogen peroksida.
– Tahan pada luka sayatan dengan bantal ketika sedang batuk, menghirup napas dalam-dalam, dan menangis untuk menghindari tekanan pada permukaan kulit yang terluka.
– Hindari melakukan berhubungan seksual selama 4-6 minggu atau sesuai dengan petunjuk dokter.
– Jangan menggunakan bedak atau lotion pada luka.
– Jangan menggosok atau menggaruk pada luka serta jangan berenang atau berendam.
– Pakailah pembalit khusus untuk ibu yaitu baru melahirkan.

3. Mengelola Emosi Dengan Baik

Dalam sebuah studi mengungkapkan bahwa pada wanita yang melahirkan dengan cara caesar akan kurang puas dalam pengalaman melahirkan mereka. Selain itu juga akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memulai interaksi pertama pada sang bayi. Menurut studi lain juga telah menyatakan bahwa pada sebagian wanita yang melahirkan dengan proses caesar maka akan mengalami perasaan kuat akan pada kemarahan, kerugian, dan kegagalan. Oleh karena itu upayakan untuk mengelola emosi dengan baik, seperti :

– Jangan sungkan untuk mengatakan yang dapat membuat senang dan nyaman kepada orang sekitar. Sebab kondisi ini merupakan kondisi psikologis pasca operasi caesar dapat menjadi lebih baik.
– Segera untuk meminta bantuan pada psikolog jika mengalami depresi pasca melahirkan yang ditandai dengan timbulnya rasa negatif.

4. Istirahat Yang Cukup

Tidur sangat bermanfaat bagi tubuh untuk mendukung pertumbuhan jaringan dalam membantu proses penyembuhan luka operasi. Maka dari itu konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi, serta yang mengandung kaya serat yang bertujuan untuk mencegah konstipasi.

5. Hindari Infeksi

Luka bekas operasi biasanya akan sembuh sekitar kurang lebih dalam 7 hari. Tetapi pada wanita yang telah melahirkan operasi caesar juga akan mengalami suatu infeksi karena beberapa faktor. Tanda infeksi yang harus diperhatikan yaitu terjadi demam, badan terasa lebih lelah, rasa sakit pada bekasi operasi, atau bahkan munculnya nanah pada bekas operasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts