Sering Memakai Waist Trainer? Ini Dampak Yang Mungkin Terjadi

Diposkan oleh : iman pada 4:39 am tanggal February 5, 2018

sehat alami – Untuk memiliki tubuh yang ramping, berbagai cara pun ditempuh. Salah satunya yaitu dengan memakai Waist Trainer atau yang disebut dengan korset. Fenomena untuk mengecilkan pinggang dengan waist trainer ini cukup marak. Pada beberapa perusahaan mengklaim bahwa produk tersebut dapat membantu untuk menghilangkan lemak, mengecilkan pinggang, melepaskan racun, serta membentukan tubuh menjadi lebih indah.

Akan tetapi, apakah klaim tersebut memang benar-benar terbukti secara ilmiah? Apakah ada efek negatif bagi kesehatan apabila sering memakainya? Sebelum Anda memutuskan untuk mencoba memakai produk tersebut, simak dulu ulasan berikut ini yuk 🙂

dampak sering menggunakan waist trainer

Apa itu Waist Trainer?

Waist trainer yang mirip dengan korset pada abad ke 16 yang dapat menutupi pada bagian pinggang, inti panggul dan panggul. Jika seseorang memakai waist trainer secara teratur dan dalam jangka waktu tertantu, maka tubuh akan terbentuk secara ideal serta mampu mengurangi lemak tubuh sehingga dapat mengecilkan ukuran pinggang.

Bagi mereka yang menggunakan alat ini merasakan adanya produksi keringan berlebih. Karena hal ini sering dikaitkan dengan hilangnya lemak yang pada akhirnya juga dikaitkan dengan menurunnya beran badan. Padahal keringat yang dikeluarkan tidak sama dengan lemak, melainkan kehilangan cairan tubuh karena mengalami kegerahan, bukan kehilangan lemak tubuh.

Menurut Stephen Ball yaitu profesor nutrisi dan fisiologi olahraga di University of Missouri Colombia, memperkuat argumen tersebut dengan menyatakan bahwa seseorang tidak bisa menghilangkan lemak tubuhnya hanya dengan menggunakan waist trainer. Melainkan dengan melakukan olahraga dan pola makan yang seimbanglah yang dapat membantu untuk menghilangkan lemak, sehingga baginya tidak ada alasan yang logis bahwa waist trainer dapat mengecilkan tubuh bagian pinggang.

Dampak Memakai Waist Trainer

Meskipun banyak yang bilang waist trainer merupakan salah satu cara yang instan untuk merampingkan tubuh, tetapi Anda harus berhati-hati. Karena keseringan memakai alat tersebut justru bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang cukup serius. Berikut ini ada beberapa dampak yang terjadi jika memakai waist trainer atau korset dalam jangka waktu panjang.

1. Masalah pernafasan

Memakai sesuatu yang dapat menekan pada perut akan memiliki dampak pada organ didalamnya yang dipaksa untuk menyesuaikan pada alat tersebut. Dan salah satu organ yang terkena dampak yaitu diafragma. Dengan membatasi diafragma, maka sama dengan mengurangi pasokan oksigen yang seharusnya diterima oleh tubuh. Pada kondisi ini maka dapat mengakibatkan sesak nafas, pusing bahkan pingsan.

2. Iritasi kulit

Pada umumnya penggunaan waist trainer juga dapat membuat iritasi pada kulit. Mengingatkan sesuatu yang terlalu erat pada kulit dengan jangka waktu yang lama maka akan menyebabkan gesekan pada kulit sehingga akan menimbulkan rasa perih serta tidak nyaman. Adanya ruam kulit yang berkelanjutan bisa mengakibatkan suatu infeksi.

3. Meningkatkan sakit pada penderita asam lambung

Seseorang yang menderita refluks asam lambung dan menggunakan alat waist trainer maka akan beresiko merasakan sakit yang lebih hebat. Karena dengan menekan pada bagian tengah perut, pada penggunaan waist trainer pada orang dengan refluks asam lambung tidak akan menambah rasa sakit, akan tetapi juga dapat menyebabkan rusaknya dengan jangka waktu yang panjang karena adanya suatu tekanan pada dinding kerongkongan. Selain itu juga dapat meningkatkan resiko terkena sakit maag dan gangguan pencernaan lainnya.

4. Menghambat aliran darah

Penggunaan waist trainer tidak hanya dapat mengurangi pasokan oksigen, tetapi juga dapat mengurangi aliran darah pada pembuluh darah. Menurut salah satu dokter spesialis bedah plastik di New York Amerika Serikat juga menyatakan bahwa apabila kondisi tersebut dibiarkan secara terus menerus maka akan menyebabkan adanya pembekuan pada darah serta memberikan suatu tekanan yang berlebih pada organ jantung untuk memompa darah. Selain itu juga aliran darah yang terhambat dapat menyebabkan mati rasa.

5. Nyeri bagian punggung bawah

Karena mengikat bagian pinggang, perut, dan punggung bawah maka akan mengakibatkan peredaran darah menjadi tidak lancar. Terutama pada bagian punggung bawah yang berperan sebagai penunjang postur tubuh. Karena hal tersebut sehingga punggung akan terasa nyeri, kaku dan kebas. Saat akan melepaskan alat waist trainer maka Anda akan cenderung membungkuk karena punggung bawah yang tidak kuat untuk menopang beban tubuh setelah seharian mendapatkan suatu tekanan yang berlebih.

Jika Anda ingin menggunakan waist trainer guna untuk menunjang penampilan dengan sesekali, hal ini sah-sah saja. Karena jika menggunakan alat tersebut dengan jangka waktu yang panjang kemungkinan akan terkena dampak negatifnya bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts