Tips Menambah Nafsu Makan Pada Anak Dan Penyebabnya

Diposkan oleh : iman pada 7:10 am tanggal February 4, 2017

nafsu makan anak

sehatsecaraalami.com – Anak-anak sering sekali menolak untuk makan, sehingga akan membuat orang tua menjadi kebingungan. Jangan sampai anak mengalami gangguan pertumbuhannya akibat mogok makan, sehingga sangat penting untuk mencari tahu cara untuk menambah nafsu makan anak. Nafsu makan pada seseorang dikendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin. Jenis hormon ghrelin akan meningkatkan nafsu makan, sementara pada jenis hormon leptin berfungsi akan menurunkan nafsu makan.

Cara menambah nafsu makan pada anak bukanlah hal yang sangat mudah untuk dilakukan oleh orang tua. Pada umumnya kebanyakan anak-anak memiliki seribu alasan untuk menolak disaat disuruh untuk makan. Dan akibatnya akan berdampak pada anak itu sendiri. Untuk para orang tua tentunya tidak ingin terjadi sesuatu pada anak Anda bukan? Maka dari itu, Anda harus mempunyai cara paling jitu agar nafsu makannya meningkat serta asupan gizinya pun dapat terpenuhi.

Kebanyakan orang tua menggunakan cara untuk menambah nafsu makan anak yaitu dengan memaksanya, namun justru hal tersebut bukanlah hal yang efektif dan akan membuat anak menjadi kurang nyaman. Lalu bagaimana cara yang paling tepat sehingga anak mudah untuk nafsu makan dengan sendirinya? Simak penjelasannya berikut ini 🙂

Cara Menambah Nafsu Makan Pada Anak

Kondisi anak saat makan akan lebih lahap ketika bersama teman-temannya dibandingkan dengan saat ia makan sendiri. Seharusnya para orang tua dapat mengambil keputusan apa yang membuat anak menjadi kurang nafsu makan. Dan pada umumnya juga banyak sekali hal-hal yang membuat anak menjadi malas untuk makan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir untuk hal tersebut, karena Anda bisa mencoba dari beberapa cara atau tips untuk menambah nafsu makan anak, diantaranya:

1. Ajak Dia Berolahraga

Apabila anak jarang bermain keluar seperti melakukan aktifitas sebayanya, maka cobalah untuk mengajak anak keluar untuk berolahraga. Supaya tubuhnya lebih aktif untuk bergerak. Ketika anak menggerakan tubuhnya dengan aktif maka detak jantungnya pun akan meningkat. Dan hal ini akan membuat pembakaran kalori pada tubuh lebih optimal. Dengan itu biasanya nafsu makan anak pun akan ikut naik.

2. Buat Si Anak Tertawa

Jika melihat anak yang hanya murung dirumah dan diam saja, maka hiburlah dia agar bisa tertawa. Kenapa? Karena pada sebuah penelitian telah dilakukan bahwa ternyata aktifitas tertawa akan berpengaruh terhadap nafsu makan, baik pada anak maupun orang dewasa. Cara ini akan menambah nafsu makan sebagai pengganti apabila anak tidak memungkinkan untuk diajak berolahraga.

3. Jangan Minum Sebelum Makan

Untuk cara menambah nafsu makan pada anak yaitu hindari minum sebelum makan. Karena sebelum anak makan, himbau sang anak supaya tidak minum terlebih dahulu, baik itu susu, air putih, atau yang lainnya. Alasannya karena air yang dikonsumsi dapat memenuhi perut sehingga perut akan terasa kenyang, dan tentunya nafsu makan pun akan berkurang.

4. Mengkonsumsi Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang memiliki sumber vitamin C sangat tinggi. Pada tubuh manusia vitamin C akan berfungsi untuk meningkatkan pada sistem kekebalan tubuh, dan hal tersebut berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan. Dan tidak ada salahnya jika Anda memberikan asupan vitamin C melalui buah jeruk pada anak. Selain asupan vitamin C yang cukup juga dapat membantu metabolisme tubuh menjadi semakin lancar.

5. Mengkonsumsi Vitamin B dan Zinc

Selain mengkonsumsi vitamin C, cara untuk menambah nafsu makan pada anak yaitu dengan menambah asupan vitamin B dan Zinc. Karena seseorang yang mengkonsumsi vitamin B dengan teratur akan meningkatkan nafsu makannya serta dapat mengontrol suasana hati seseorang yang sedang malas untuk makan. Kandungan zinc juga memiliki fungsi sama dengan vitamin B. Maka dari itu orang yang kekurangan zinc, maka nafsu makannya pun berkurang.

Penyebab Anak Kehilangan Nafsu Makan

Harus diketahui juga apa penyebab dari hilangnya nafsu makan pada anak. Pada umumnya tiap anak memiliki penyebab kehilangan nafsu makan berbeda-beda. Maka dari itu agar dapat menyelesaikannya, Anda harus tahu dulu apa letak akar permasalahannya sehingga anak sulit untuk makan.

Hal yang pertama biasanya yaitu karena mereka kehilangan dalam selera makanannya. Kondisi ini sangat sering terjadi saat anak masih bayi, yang dimana si kecil sering malah menyeburkan makanannya ketika diberikan makanan.

Yang kedua yaitu bisa saja adanya rasa ingin tahu sesuatu yang ada dilingkungannya, dan hal tersebut bisa juga menjadi hilangnya nafsu makan. Si anak akan merasa bosan ketika makan. Oleh karena itu, Anda juga harus mulai untuk membiasakan sendiri untuk belajar makan sendiri agar mengeksplorasi dirinya sendiri. Pada anak balita, kehilangan nafsu makan juga dapat terjadi ketika saat tumbuh gigi, hal tersebut akan mengganggu kenyamanannya. Jadi buatlah tekstur makanan yang lebih lembut agar lebih mudah untuk dicerna dalam mulut.

Itu dia beberapa cara untuk menambah nafsu makan pada anak, beserta beberapa penyebabnya. Semoga bermanfaat 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts