Tips Mengatasi Anak Susah Tidur Akibat Serangan Flu

Diposkan oleh : iman pada 6:52 am tanggal February 2, 2017

Penyakit flu memang sangat mudah menjangkit manusia, dan rata-rata pada orang dewasa terjangkit flu bisa 2-5 kali dalam setahun, sedangkan pada anak-anak bisa 7-10 kali dalam setahun. Pada umumnya flu ini ditandai dengan hidung yang berair, hidung tersumbat, dan bersin-bersin, sehingga seseorang pun akan terganggu pada saluran pernapasannya. Bahkan sering kali flu selalu dibarengi dengan batuk, demam, dan juga gejala yang lainnya.

anak susah tidur

Ketika hidung tersumbat yang terjadi pada anak-anak apabila tidak segera diobati akan dapat menyebabkan masalah pada tidurnya, sakit kepala, masalah pendengaran, dan yang lainnya. Hidung tersumbat terjadi ketika adanya peradangan pada selaput yang melapisi pada hidung dan juga pembuluh darah. Pada peradangan ini maka akan menyebabkan obstruksi yang terdapat pada saluran hidung dan menjadi hal yang menjengkelkan dan dialami oleh anak-anak tersebut.

Masalah hidung tersumbat juga dapat disebabkan oleh alergi pada makanan atau pun alergi dari lingkungan. Sebenarnya masalah hidung tersumbat bukanlah masalah yang serius, namun jika diabaikan akan menjadi masalah yang bisa saja berdampak pada organ pendengaran, sakit kepala, ataupun nyeri wajah ringan.

Berikut merupakan beberapa faktor yang sangat penting akibat anak sering terserang flu dan yang disertai batuk:

– Status gizi anak kurang

– Paparan infeksi dari sekitar

– Adanya asap rokok disekitar bayi atau anak.

– Status imunisasi anak yang tidak lengkap akan mempertinggi resiko anak terkena infeksi yang berbahaya seperti pertusis, difteri, atau campak yang awal gejalanya bisa berupa dengan batuk atau pilek biasa.

Cara Mengatasi Anak Susah Tidur Dengan Mudah Akibat Flu

Berikut terdapat cara umum yang dapat dilakukan jika si kecil susah tidur yang diakibatkan hidungnya tersumbat atau flu, diantaranya:

1. Usahakan posisi bantal lebih tinggi. Apabila si kecil ingin dengan posisi agak duduk, itu akan lebih nyaman nantinya.

2. Usahakan posisi tidur diatur miring, supaya hidung yang tersumbat pada anak dapat terbuka. Jika hidung sebeleh kanan yang tersumbat maka posisi tidur harus miring ke kiri, dan sebaliknya.

3. Usapkan jenis balsem atau minyak kayu putih pada bagian dada, punggung, dan juga telapak kaki supaya terasa lebih hangat dan sembari dipijat dengan lembut agar si kecil merasa lebih rileks. Dan jangan lupa setelah diusap balsem diusahakan memakai kaos kaki. Karena biasanya si kecil akan cepat tidur dan hidungnya pun lebih cepat lega.

4. Sebelum tidur, bersihkan terlebih dahulu hidungnya sampai ingusnya tidak ada, sehingga anak pun akan bernafas dengan lega. Jika anak belum bisa mengeluarkannya sendiri, maka dapat menggunakan aspirator atau alat penyedot ingus untuk bayi atau anak, tetapi harus dibersihkan terlebih dahulu sampai bersih agar steril.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi pada anak susah untuk tidur akibat serangan flu. Semoga bermanfaat 🙂

Related post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts