Tips Mengatasi Penyakit Kencing Batu

Diposkan oleh : iman pada 6:06 am tanggal November 22, 2016

Penyakit Kencing Batu merupakan gangguan pengeluaran air seni yang ditandai keluarnya batu-batu yang berukuran kecil ketika sedang buang air kecil. Penyakit kencing batu adalah cikal bakal dari penyakit gagal ginjal. Hal ini disebabkan karena terdapatnya batu pada saluran kemih yang berhubungan langsung dengan fungsi organ ginjal. Karena organ tubuh yang paling utama dan sangat mempengaruhi kehidupan manusia adalah organ ginjal.

kencing batu

Kencing batu atau batu ginjal adalah salah satu gangguan kesehatan yang dapat mengganggu saluran kandung kemih. Yang paling umum jenis batu ginjal itu berasal dari kalsium yang dicampur dengan oksalat atau phosphate. Perubahan batu ginjal akan terbentuk ketika terjadi dalam keseimbangan normal air, mineral, garam, dan hal lain.

Penderita penyakit kencing batu di Indonesia cukup signifikan dan termasuk penyakit penyebab gagal ginjal disertai dengan infeksi saluran kandung kemih. Adanya protein dalam air kencing dapat dijadikan indikasi terjadinya penurunan fungsi ginjal. Kondisi ini dapat berakibat keadaan ginjal yang tidak berfungsi secara normal sehingga protein lolos. Seharusnya protein tidak boleh lolos karena harus dialirkan ke seluruh tubuh manusia.

Banyak yang menjadi penyebab terjadinya penyakit kencing batu diantaranya:

1. Pola hidup yang tidak baik
Kebiasaan buruk bagi manusia yang menyepelekan akan hal ini. Karena seringnya mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat akan berakibat atau terserang penyakit ini.

2. Kurang mengkonsumsi air putih, juga dapat membuat adanya air kemih sedikit dan pekat.

3. Faktor Genetik, dapat mendominasi dari penyebab penyakit kencing batu.

4. Kekurangan vitamin A, tetapi kelebihan vitamin B

5. Mengkonsumsi obat-obatan, yang sering memicu batu ginjal. Obat sitostatik dapat memperudah pembentukan batu sehingga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Ada beberapa gejala dari penyakit kencing batu seperti:

 

* Kesulitan saat buang air kecil, bisa mengalami perubahan menjadi keruh, dan apabila sudah parah akan berdarah

* Terasa mual dan ingin muntah, demam, perut akan menggelembung, dan mungkin penderita akan mengalami sering kemih.

* Bengkak pada mata dan rasa sakit, apabila penyakit ini terjadi pada usia anak kemudian akan timbul gejala pembengkakan pada kaki atau tangan

* Akan terjadi infeksi saluran kemih. Aliran batu akan menyumbat, seingga bakteri akan terperangkap dalam air kemih yang kemudian akan terkumpul diatas penyumbatan seingga akan terjadi infeksi tersebut.

Ada perawatan khusus untuk penyakit kencing batu adalah untuk mengurangi minum teh, tetapi perbanyak minum air putih, diusahakan untuk selalu berolahraga secara teratur dan rutin supaya badan bergerak, serta menghindari makan sayur bayam, kacang tanah, jeroan, tomat dan cokelat.

Dari pembatasan makanan tersebut sangat efektif untuk mencegah terbentuknya kristal, berikut ada beberapa tips yang disarankan bagi penderita penyakit kencing batu, diantaranya:

– Batasi Kalsium

Kelebihan kalsium akan dibung melalui ginjal dalam bentuk air kencing. Maka dai itu disarankan bagi kita terutama bagi penderita kencing batu untuk membatasi asupan kalsium maksimal 1.200 mg/hari untuk wanita, sedangkan 800 mg/hari untuk pria.

– Batasi Garam dan Protein Nabati

Membatasi garam dapat mengurangi jumlah kalsium yang dikeluarkan melalui ginjal. Jika terbentuknya batu kalsium maka mnegkonsumsi garam haru dibatasi antara 2.500-3.500 mg/hari.

– Banyak Minum Air Putih

Penderita batu ginjal atau kencing batu sangat disarankan mengkonsumsi banyak air putih, supaya lebih sering buang air kecil.

– Batasi Mengkonsumsi Vitamin C

Meskipun vitamin C memliki kandungan yang sangat bagus untuk tubuh, tetapi bagi penderita kencing batu harus dibatasi, karena metabolisme dalam vitamin C adalah Oksalat yang akan membentuk kristal.

– Perbanyak Serat Tidak Larut

Terdapat 2 jenis serat yaitu serat yang larut dan serat yang tidak larut. Keduanya memiliki fungsi di dalam tubuh, tetapi serat yang tidak larut akan mengurangi kadar kalsium didalam urine, sehingga serat tersebut akan mengikat kalsium ketika berada pada usus dan tidak akan dikelurkan melaui ginjal.

Untuk yang sedang sakit tetap bersabar dan selalu berdoa, dan jangan lupa untuk berusaha mengobatinya. Semoga bermanfaat untuk kita semua ^_^

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • sehat secara alami
    QnC Jelly Gamat
    Kode produk: LQC
    Isi : 300 ml | Harga: Rp.155.000,-


    Qnc Jelly Gamat terbuat dari 100% gamat asli dengan khasiat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Telah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan halal. Produk ini aman untuk semua usia, mulai dari anak-anak, dewasa sampai lansia.

    Cara pembelian, silahkan pesan dengan mengirim format seperti berikut:

    Kode Produk : Jumlah Pemesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.Hp/Tlpn

    Contoh pemesanan 5 botol:

    LQC : 5 botol : Dewi Sari : Jl.Perintis kemerdekaan No.80 Rt.03/Rw.02 Kec.Nagarawangi Kota Tasikmalaya : Hp.085220295xxx

    Kirim ke 085223944949 (SMS) atau ke 53227614 (BBM)
  • Recent Posts

  • Social Media

  • Recent Posts